Fakta Menarik Negara dengan Tambang Garam Terbesar di Dunia, Pakistan

Pakistan merupakan negara yang berada di wilayah Asia Selatan dan beribu kota Islamabad. Letak negara ini sangat strategis karena terletak di antara Asia Tengah, Selatan dan Timur Tengah.

Pakistan atau secara resmi dikenal sebagai Republik Islam Pakistan memperoleh kemerdekaannya pada 14 Agustus 1947 setelah lama dijajah Inggris.

Negara ini resmi menjadi Republik Islam setelah mengadopsi konstitusi baru pada 1956. Bangsa ini memiliki banyak kelompok etnis dan budaya seperti Punjabi, Kashmir, Muhajir, Pashtun, Shinaki, dan beberapa komunitas lain yang tersebar di seluruh negeri.

Selain memiliki beragam budaya, negara ini masih memiliki fakta menarik yang hangat untuk diperbincangkan, simak selengkapnya!

1. Tambang Garam Terbesar Kedua di Dunia

Tambang Garam Khewra terletak di Khewra, utara Pind Dadan Khan, sebuah subdivisi administratif Distrik Jhelum, Punjab, Pakistan. Lokasinya 160 km sebelah selatan dari Islamabad, ibu kota Pakistan.

Tambang ini merupakan  tambang garam terbesar dan tertua di Pakistan dan terbesar kedua di dunia. Tambang garam itu ditemukan tak sengaja oleh pasukan Alexander Yang Agung Raja Makedonia, pada 320 SM setelah melihat kuda mereka menjilati batu.

2. Jalan Beraspal Tertinggi di Dunia

Pakistan memiliki jalan internasional beraspal tertinggi yang dinamai The Karakoram Highway (KKH). Jalan ini juga disebut keajaiban dunia kedelapan atau jalan raya persahabatan China-Pakistan.

Jalan ini membentang sejauh 800 mil dari Abbottabad di Pakistan ke Kashgar di Xinjiang, Cina Barat dan menjadi salah satu jalur perjalanan darat paling menakutkan dan menegangkan di dunia.

Konstruksi jalan dimulai pada 1959 dan dibuka untuk umum pada 1986 setelah 27 tahun pengeboran dan konstruksi dengan tali.

Sebanyak 810 pekerja Pakistan dan 82 pekerja Cina kehilangan nyawa mereka, sebagian besar karena erosi dan jatuh, saat membangun jalan raya.

3. Layanan Ambulans Sukarelawan Terbesar di Dunia

Yayasan Edhi Pakistan merupakan layanan ambulans terbesar di dunia, memiliki lebih dari 400 pusat di seluruh Pakistan. Yayasan ini menjalankan layanan gawat darurat 24 jam.

Selain itu, yayasan ini menyediakan layanan lain seperti perawatan kesehatan gratis, layanan adopsi, panti asuhan, dan tempat penampungan bagi para tunawisma.

4. Situs Warisan UNESCO

Salah satunya destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika di Pakistan adalah Masjid Badshahi. Masjid itu merupakan peninggalan dinasti Mughal yang memerintah Semenanjung India selama hampir tiga abad.

Bangunan ini dapat menampung lebih dari 100.000 jemaah dan diakui sebagai situs warisan dunia UNESCO. Masjid ini dibuat oleh Kaisar Mughal Aurangzeb.

Masjid tersebut mewakili arsitektur Mughal yang megah dan berdiri di sebuah kandang dengan empat menara dan tiga kubah. Ini juga merupakan rumah bagi peninggalan Nabi Muhammad (SAW).

5. Seekh kebab sebagai makanan Populer

Seekh kabab adalah varietas kebab Pakistan yang lezat dan berair yang dibuat dengan kombinasi daging cincang (biasanya domba), bawang, bawang putih, jahe, ketumbar, jus lemon, yogurt, dan garam masala. Rempah-rempah yang digunakan dalam hidangan dapat dimodifikasi sesuai dengan preferensi pribadi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya