Sungai Terpanjang di Asia Tenggara

Wilayah Asia Tenggara terkenal akan kekayaan alamnya yang melimpah, didukung dengan iklimnya yang tropis. Tak hanya itu, setiap negaranya punya pemandangan alam mempesona, sehingga selalu menjadi lokasi pilihan para pelancong untuk berlibur. Pantai yang indah, gunung tinggi, laut luas, air terjun, hingga sungai-sungai membentang jadi pesona alam Asia Tenggara yang sangat sayang untuk diabaikan.

Berwisata ke sungai terpanjang seperti akan menarik untuk dilakukan saat liburan mendatang. Sebagai referensi, lihat daftar sungai terpanjang di Asia Tenggara berikut ini, sebelum menentukan sungai yang akan kamu kunjungi:

Sungai Kapuas – 1143 Km


Sungai Kapuas yang berada di Kalimantan Barat, Indonesia, merupakan salah satu sungai terpanjang di Asia Tenggara yang membentang sepanjang 1.143 km dengan kedalaman mencapai 27 meter.

Aliran sungai ini berasal dari mata air di Pegunungan Muller, kemudian membentang melalui 5 kabupaten yaitu Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sintang, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau, dan Kota Pontianak, dimana alirannya  berakhir di Selat Karimata.

Masyarakat Suku Dayak yang banyak mendiami daerah sekitar aliran sungai, memanfaatkan kekayaan alam dan keberagaman hayati yang ada sebagai penopang hidup, sebab sungai ini menjadi rumah bagi lebih dari 700 jenis ikan air tawar. Bahkan, 12 jenis ikan di antaranya merupakan ikan langka dan 40 jenis lainnya terancam punah.

Sekarang, Sungai Kapuas sudah dikembangkan sebagai tempat wisata, seperti menyusuri sungai dengan menggunakan kapal wisata, mengunjungi situs budaya dan relegi, hingga kita bisa mencoba permaanan air dengan kayak di sore hari sambil menikmati sunset yang indah.

Sungai Irrawaddy - 2170 Km

Sungai terpanjang di Asia Tenggara selanjutnya, yaitu Sungai Irrawaddy yang berada di Myanmar dengan panjang sekitar 2.170 km. Saking panjangnya sungai ini, alirannya bahkan sampai ke perbatasan utara China-India dan bermuara di Laut Andaman.

Banyak masyarakat sekitar yang memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka seperti untuk mandi, mencuci, dan sejenisnya. Selain itu Sungai Irrawaddy juga menjadi sarana bertransportasi, sumber irigasi yang mengaliri ladang dan sawah, serta menjadi sumber pariwisata yang baik.

Menyusuri aliran sungai ini akan sangat menarik, sebab dalam perjalanan pengunjung akan melihat keindahan berbagai bentuk candi.

Sungai Chindwin – 1207 Km

Sepertinya negara Myanmar mempunyai banyak sekali memiliki sungai-sungai yang panjang, sebab sungai terpanjang selanjutnya di Asia Tenggara masih berada di negara ini, yaitu Sungai Chindwin.

Uniknya, Sungai Chindwin ini merupakan anak Sungai Irrawaddy. Namun, aliran sungai ini lebih panjang dari sungai utamanya, dengan aliran sepanjang 1.207 km, dimana alirannya bersumber dari Lembah Hukawng, Kachin, Myanmar.

Sungai Thanlwin - 2.815 km

Sungai terpanjang di Asia Tenggara selanjutnya yaitu Sungai Thanlwin. Sungai ini dikenal dengan nama lain sungai Salween yang alirannya melewati tiga negara yaitu Myanmar, China, dan Thailand, dengan aliran sepanjang 2.815 km. Sungai ini mendapatkan airnya dari dataran tinggi sisi timur Plato Tibet kemudian mengalir melalui lembah curam menyempit. Aliran ini akan melebar ketika sampai di dataran tropis Asia Tenggara.

Sungai ini menjadi rumah bagi flora dan juga fauna. Tercatat ada 7000 spesies tanaman hidup baik di dalam maupun di sekitaran sungai. Selain itu sebanyak 80 jenis fauna juga mendiami sungai Thanlwin diantaranya 143 spesies ikan, 15 spesies kura-kura, dan 92 spesies amphibi. Sungai ini sekaligus menjadi sumber mata pencaharian bagi 6 juta penduduk.

Sungai Mekong – 4.023 Km


Adapun sungai terpanjang di Asia Tenggara jatuh kepada Sungai Mekong yang membentang sepanjang 4.023 km.

Saking luasnya, sungai ini melewati beberapa negara dalam lintasannya, yaitu berasal Gunung Jifu di Zaduo county, Tibet, kemudian mengalir ke ke China, tepatnya di Provinsi Yunnan, terus mengalir ke Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, hingga sampai ke Vietnam

Sungai Mekong sangat berperan penting untuk sarana transportasi, irigasi pertanian, serta sumber listrik tenaga air. Beberapa daerah subur di sekitar kawasan Sungai Mekong di Laos, dijadikan tempat pemukiman penduduk dan juga untuk bertani serta berkebun.

Tidak hanya bermanfaat untuk warga Laos saja, Sungai Mekong juga berperan penting untuk negara lainnya yang dilewati sungai ini. Sungai ini merupakan jalur transportasi yang sering digunakan masyarakat sekitarnya. Selain itu, kekayaan perairannya, yakni ikan, juga menjadi sumber makanan pokok utama dan mata pencarian mereka. Diperkirakan tiap tahunnya 2,5 juta ton ikan dihasilkan dari sungai ini, baik ikan konsumsi sendiri maupun dijual.

Sungai-sungai panjang yang telah disebutka di atas merupakan salah satu kekayaan alam yang dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sekitar, sehingga sungai tersebut menjadi penunjang hidup masyrakat yang tingggal di sekitarnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya