5 Negara ASEAN Terkaya, Indonesia Nomor Berapa?

 

Asia Tenggara merupakan bagian penting dari sistem perdagangan dunia dengan berbagai komoditas.

Hasil alam merupakan sumber ekonomi andalan dari negara-negara yang ada di kawasan ini. Beberapa komoditas utamanya adalah padi, kelapa sawit, karet, jagung, dll.

Namun meski punya kekayaan alam yang dapat dibanggakan, negara-negara di Asia Tenggara masih tergolong negara berkembang. Uniknya, Singapura yang sumber ekonominya berasal dari perdagangan, industri, dan perbankan, menjadi negara paling maju di kawasan ini.

Asia Tenggara sendiri merupakan rumah bagi 11 negara merdeka, yaitu Brunei Darusallam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam. Semua negara, kecuali Timor Leste, bergabung dalam organisasi kawasan, yaitu ASEAN.

Indonesia merupakan negara terluas di Asia Tenggara dengan Sumber Daya Alam yang melimpah. Namun apakah Indonesia negara terkaya di Asia Tenggara? Berikut ini merupakan urutan negara Asia Tenggara dari yang termiskin hingga yang terkaya:

Indonesia


Dalam daftar negara terkaya di Asia Tenggara, negara kita tercinta, Indonesia, menempati posisi kelima dengan pendapatan per kapitanya hanya USD 4.135 (Rp59,29 juta).

Angka ini masih terbilang rendah, jika dibandingkan dengan kekayaan alam Indonesia yang berlimpah. Hal ini terjadi karena kurangnya Sumber Daya Manusia Indonesia untuk mengelola hasil bumi yang ada.

Adapun komoditas andalan Indonesia untuk menunjang perekonomiannya adalah minyak mentah dan gas alam. Kemudian Indonesia juga merupakan penghasil karet, kopi, coklat, ikan, dan minyak kelapa sawit, gula, teh, tembakau, kopra, dan rempah-rempah.

Thailand


Negara terkaya keempat di Asia Tenggara adalah Thailand yang pendapatan per kapitanya mencapai 7.806 dollar AS (Rp 111,93 juta). Sama dengan Indonesia, Thailand juga menggantungkan perekonomiannya pada sektor pertanian dengan hasil utamanya berupa beras, jagung, tebu, umbi-umbian, karet, cengkeh, hingga kayu jati.

Meski menempati posisi keempat negara terkaya di Asia Tenggara, Thailand juga masih termasuk negara berkembang dengan pertumbuhan ekonomi yang tidak merata di seluruh wilayah.

Malaysia


Malaysia adalah negara Asia Tenggara terkaya ketiga. Negara tetangga Indonesia ini mempunyai pendapatan perkapita mencapai USD 11.414 (Rp 163,66 juta).

Negara ini merupakan pengekspor minyak sawit, gas alam cair, karet, mesin, dan bahan kimia yang cukup terkenal. Selain itu, industri menyumbang 36,8% dari PDB nasional, sedangkan sektor jasa adalah penyumbang terbesar, menyumbang 56,2% dari PDB nasional.

Brunei Darusallam


Pada urutan kedua, ada Brunei Darussalam dengan pendapatan kotor per kapita sebesar USD 31.086 (Rp 445,72 juta).

Perkembangan ekonomi Brunei Darusallam tidak terlepas dari hasil minyak bumi dan gas alam. Jepang, Korea Selatan, Australia, India, dan Selandia Baru adalah mitra ekspor utama Brunei.

Berbeda dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya, Brunei tidak menjadikan sektor pertanian sebagai tumpuan ekonominya. Sehingga untuk kebutuhan pangan, negara ini sangat bergantung pada impor.

Singapura

Singapura merupakan satu-satunya negara maju di Asia Tenggara, sehingga negara kecil ini menjadi negara terkaya di kawasan ini. Rata-rata pendapatan perkapitanya adalah USD 65.233 (Rp 935,37 juta).

Tingginya perekonomian Singapura ini merupakan tentunya bukan hasil dari pertanian, melainkan dari sektor perdagangan, industri, hingga perbankan.

Salah satu hal yang patut di contoh dari negara ini adalah tingkat korupsi yang sangat rendah dan sistem pendidikan Singapura yang sangat baik.

Dengan pendapatan terbaik di Asia Tenggara, banyak pekerja internasional yang ingin bekerja di sana. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya