Gunung Tertinggi di Asia Tenggara

 

Mendaki gunung merupakan menjadi kegiatan menarik dan menantang yang saat ini banyak dilakukan oleh kaum muda sebagai salah satu hobi.

Keindahan alam tentunya menjadi alasan pertama yang membuat mendaki gunung menjadi hal yang menarik dilakukan. selain itu, jika seorang pendaki berhasil menaklukkan gunung tinggi menghasilkan rasa bangga untuk diri sendiri.

Terlebih lagi jika berhasil menaklukkan gunung-gunung tertinggi di Asia Tenggara berikut ini:

Gunung Ramelau, Timor Leste


Gunung Ramelau merupakan gunung tertinggi di Timor Leste. Selain menikmati keindahan alamnya, di puncak gunung ini para pengunjung beragama Kristen dapat berziarah karena terdapat patung Bunda Maria setinggi 3 meter yang megah dan kokoh.

Patung ini didatangkan dari Italia dan dipasang pada masa Provinsi Timor Timur pada tahun 1997.

Gunung Fansipan, Vietnam


Vietnam juga mempunyai gunung tinggi yang jadi wisata favorit para pendaki, yaitu Gunung Fansipan yang memiliki ketinggian sekitar 3.142 meter di atas permukaan laut.

Gunung yang terletak di Pegunungan Hoang Lien Son ini merupakan tempat ideal bagi para pendaki gunung. Biasanya, dibutuhkan waktu 2-3 hari untuk menyelesaikan perjalanan ke puncak Fansipan.

Namun, pada bulan Februari 2016, sebuah kereta gantung dibangun dan membawa sebagian besar pengunjung ke Fansipan. Sehingga para pendaki tidak perlu lagi berlelah-lelah untuk sampai ke puncak.

Fansipan juga dikenal memiliki flora dan fauna yang sangat beragam, dengan lebih dari 2.000 varietas bunga dan 300 jenis hewan yang hidup di gunung yang mengesankan ini.

Gunung Kinabalu, Malaysia


Gunung Kinabalu terletak di Sabah, Malaysia, dengan ketinggian 4.095 mdpl. Gunung ini menjadi salah satu gunung tertinggi yang mempunyai keindahan alam yang sangat memukau. Banyak pendaki yang ingin menaklukkan gunung ini, namun tantangan saat pendakian sangatlah besar.

 Selain itu, Gunung Kinabalu juga masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO dikarenakan kekayaan ekologis yang terdapat didalamnya. Lalu, gunung ini juga merupakan tempat habitat kurang lebih 6.000 spesies flora, 326 burung dan 100 spesies mamalia.

Puncak Jaya, Indonesia


Puncak Jaya Wijaya atau Piramida Carstensz yang terletak di Papua adalah puncak tertinggi di Indonesia, sekaligus menjadi salah satu dari tujuh besar gunung tertinggi di dunia. Gunung ini mempunyai ketinggian 4.884 mdpl dan merupakan bagian dari Pegunungan Sudirman. Jalur pendakian menuju puncak gunung ini sangat ektrim, sehingga pendaki harus berhati-hati.

Wisata Puncak Jayawijaya memberikan pesona keindahan alam yang unik dan spektakuler. Keberadaan salju tebal di puncaknya menjadi salah satu keistimewaan gunung ini. Seiring berkembangnya zaman dan efek pemanasan global, keberadaan salju di sini tak seperti dulu lagi dan bahkan diprediksi akan mencair pada 2026.

Gunung Hkakabo Razi, Myanmar


Gunung tertinggi yang ada di Asia Tenggara jatuh kepada Gunung Hkakabo Razi yang berada di kawasan Myanmar. Dengan ketinggian sektiar 5.881 meter di atas permukaan laut, keindahan alam yang terpampang dari puncak gunung ini tiada tandingan.

Terletak di bagian utara negara Myanmar tepatnya di Provinsi Kachin dan merupakan bagian dari Taman Nasional Hkakabo Razi yang dibuka sejak tahun 1998.  Untuk pendaki pertama yang berhasil menaklukan puncak ini ialah pendaki asal Jepang ialah Takahashi Ozaki.

Perlu diketahui kalau gunung ini merupakan pembatas antara tiga negara yaitu Tibet, India dan Myanmar. Banyak yang bilang bahwa gunung ini rute pendakiannya sangat sulit untuk ditempuh dan akses untuk menuju puncaknya memerlukan waktu yang lama yaitu sekitar 1 bulan lamanya. Hal ini juga didukung dengan karakteristik dari Gunung Hkakabo Razi yang tersusun dari bebatuan hitam yang kuat dan berselimut putih yang berasal dari gletser. Selain itu, juga ada campuran bebatuan kapur dan granit yang membentuk kemiringan hampir 90 derajat atau tegak lurus.

Jika para traveler ingin hiking di Gunung Hkakabo Razi harus siap mental dan fisik. Karena tantangan pertama saat mendaki gunung ini adalah jalur tracking yang terjal dan hutan yang masih lebat.

Sudah siap untuk menaklukan gunung tertinggi yang ada di Asia Tenggara ini? Siapkan segala persiapan lo serta mental dan fisik lo sebelum mendaki, ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya