Profil Negara Singapura

Singapura adalah salah satu negara maju di dunia. Padahal negara yang berbatasan laut dengan Indonesia ini, merupakan negara terkecil di Asia Tenggara. Namun lokasinya yang strategis mendorong pertumbuhan ekonomi di bidang perdagangan dan keuangan. Bahkan Singapura dijuluki Macan Asia, berkat kekuatan ekonominya.

Dengan seluruh kemajuan yang ada di sana, tinggal dan bekerja di Singapura menjadi dambaan para pencari kerja, sehingga Singapura ditinggali oleh banyak pekerja asing. Sementara itu, penduduk asli Singapura kebanyakan merupakan keturunan Tionghoa, Melayu, hingga India.

Sejarah Kemerdekaan Singapura

Sebelum kemerdekaannya, Singapura ternyata punya sejarah panjang dan sempat dijajah oleh beberapa negara. Wilayah ini bahkan masuk dalam kategori miskin.

Pada abad 7 hingga 12 Masehi, pulau yang kini disebut Singapura masih bernama Tumasik (atau Temasek). Berasal dari kata Jawa "tasek" yang berati laut.

Kawasan ini sempat berada di bawah kendali Kerajaan Sriwijaya. Kawasan ini ramai sebagai pusat perdagangan karena strategis di Selat Malaka. Saat Pangeran Swiwijaya datang ke wilayah Tumasik ini, dia melihat seekor Singa. Lalu wilayah Temasek berganti menjadi nama menjadi Singhapura. Singhapura diambil dari bahasa Sanskerta, “Singha” artinya singa dan “pura” artinya kota.

Setelah pengaruh Sriwijaya memudar, Kesultanan Johor, segera mencaploknya dan berkuasa cukup lama, sejak abad 16.

Pada 28 januari 1819, datanglah East India Company (EIC) dari Inggris yang dipimpin oleh Thomas Stamford Rafflles. Kedatangan EIC ke Sungapura ini bertujuan untuk mencari tempat strategis di selat malaka untuk menandingi dominasi VOC, yang sudah berkuasa di kawasan Asia Tenggara lainnnya.

Akhirnya Raffles membayar ke penguasa wilayah Singapura ini yaitu kesultanan Johor, untuk mendirikan pos perdagangan dan hak untuk memonopoli. Kemudian pada 9 November 1824 wilayah Singapura resmi menjadi jajahan Inggris.

Penjajahan di Singapura ini terus berlanjut. Pada tahun 1942, Singapura jatuh ke tangan Jepang. Tak mempimpin terlalu lama, Jepang kalah dalam perang dunia 2 sehinga mereka wajib melepas Singapura, lalu pada 12 September 1945 Singapura kembali dikuasi oleh Inggris tetapi disini menjadi wilayah otonomi khusus.

Pada 1955 ada pemilu yang dimenangkan oleh tokoh pro-kemerdekaan, David Soul Marshal. Beliau meminta kepada Inggris untuk mendapatkan kemerdekaan penuh, namun ditolak.

Pada 1959, terdapat sebuah pemilu dan dimenangkan oleh Lee Kuan Yew yang menjadi Perdana Menteri pertama Singapura. Sampai akhirnya pada 31 Agustus 1963, singapura resmi lepas dari Inggris, dan bergabung ke federasi Malaysia (Malaya, Sarawak, Singapura, Sabah).

Namun, pada 1965 Singapura keluar dari Federasi dan secara resmi membentuk negara sendiri di bawah Perdana Menteri Lee Kuan Yew.

Setelah Singapura lepas dari negara induknya yaitu Malaysia, singapura menghadapi masalah besar dan serius, seperti Angka pengangguran tinggi, pemukiman kumuh mendominasi, dan tidak ada sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan.

Kemudian, Lee Kuan Yew bersama dengan warga Singapura kerja keras bersama demi membangun negerinya, upaya yang dilakukan seperti korupsi diberantas, pembangunan dilakukan terus menerus, kebersihan dijaga, dan yang paling penting suasana disana dijaga senyaman mungkin, karena Lee Kuan Yew ingin menarik investor dan pedagang asing nyaman untuk transit lama di singapura.

Profil Negara Singapura (Singapore)

Berikut ini adalah Profil Negara Singapura (Singapore).

- Nama Lengkap : Republik Singapura (Republic of Singapore)

- Nama Lokal : Singapore

- Bentuk Pemerintahan : Republik Parlementer

- Kepala Negara : Presiden Halimah YACOB (sejak 14 September 2017)

- Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri LEE Hsien Loong (sejak 12 Agustus 2004)

- Ibukota : Singapura

- Luas Wilayah : 719,2 km²

- Jumlah Penduduk : 5.866.139 jiwa (2021)

- Pertumbuhan Penduduk : 0,95% (2021)

- Etnis : Etnis Tionghua 74,3%, Melayu 13,5%, India 9% dan etnis lainnya 3,2% (2020)

- Agama : Buddha 31,1%, Kristen 18,9%, Islam 15,6%, Tao 8,8%, Hindu 5%, lain-lain 0,6% dan yang tidak beragama sebanyak 20% (2020)

- Bahasa Resmi : Inggris, Mandarin, Melayu dan Tamil

- Mata Uang : Dolar Singapura (SGD)

- Hari Nasional : 9 Agustus 1965 (Hari Kemerdekaan)

- Lagu Kebangsaan : “Majulah Singapura” (Onward Singapore)

- Kode Domain Internet : .sg

- Kode Telepon : 65

- Pendapatan Domestik Bruto (PPP) : US$ 531,04 miliar (2020)

- Pendapatan Per Kapita : US$ 93.400,- (2020)

- Lokasi : Benua Asia (Asia Tenggara)

Bendera Negara Singapura


Lambang Negara Singapura



Sudah tau informasi lengkap Singapura, kan?  Kamu juga dapat mengetahui informasi Profil Arab Saudi dan negara lainnya di blog ini ya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya