Kulineran di Laos, Kamu Harus Coba Makanan Khas Ini


Berkunjung ke Laos rasanya tak akan lenkap tanpa mencicipi makanan khasnya. Sebab di negara yang dijulukiNegeri Seribu Gajah ini, ada banyak makanan khas menggugah selera yang wajib untuk di coba.

Daripada penasaran mending lihat ulasan berikut ini dan tentukan makanan khas Laos yang terenak yang wajib dicicipi saat berkunjung:

1. Larb

Rekomendasi makanan khas Laos yang pertama adalah Larb yang sangat direkomendasikan untuk para pecinta daging. Makanan khas ini merupakan sebuah sajian yang dibuat menggunakan daging sapi, ayam atau domba yang dicincang. Lalu diberi bahan tambahan seperti jeruk nipis, bumbu kaldu ikan yang difermentasi, beras tumbuh dan ragam rempah-rempah yang kemudian ditumis.

Untuk penyajiannya, Larb biasanya dinikmati bersama dengan ketan dan sayuran segar. Sehingga membuat makanan tersebut kerap dijuluki salad daging.

Makanan ini sangat populer di Laos dan ada banyak pedagang yang menjualnya. Sehingga para pendatang tidak perlu pusing untuk mencari tempat yang menjual makanan khas Laos yang satu ini.

2. Mok Pa

Mok Pa sekilas mirip dengan pepes ikan asal Indonesia. Sama-sama menggunkan daging ikan sebagai bahan utama, proses memasaknya juga sama, yaitu dengan dibungkus dengan menggunakan daun pisang lalu di kukus. Namun perbedaan kedua masakan ini terletak pada bumbu yang digunakan.

Untuk membuat Mok Pa sedikit berbeda, bumbu yang digunakan yaitu sereh, daun bawang, kecap ikan, terasi, cabai dan daun dll. Beragam bumbu yang digunakan inilah yang menjadikan Mok Pa ini terasa lezat dan aromanya sangat menggoda selera.

3. Ping Kai

Makanan khas Laos selanjutnya yang wajib dicicipi saat berkunjung ke sana adalah Ping Kai, yang merupakan ayam bakar khas Laos.

Makanan ini mempunyai cita rasa yang sangat menggugan selera karena sebelum daging ayamnya di bakar akan diberi bumbu seperti akar dari ketumbar, lada hitam,bawang putih dan saus ikannya. Saat membakar, ayam tak langsung di letakkan di atas bara api, namun ayam lebih dulu dibalut daun pisang baru dibakar di atas bara atau arang batok kelapa.

4. Tam Mak Hoog

Makanan selanjutnya diberi nama Tam Mak Hook. Sajian ini dibuat dengan bahan utama irisan pepaya muda yang disajikan bersama tomat, kacang tanah, kacang panjang, lengkap dengan bumbu gula aren, saus ikan, cabai, perasan jeruk nipis, dan bumbu fermentasi jus ikan khas Laos. Ciri khas rasa dari Tam Mak Hoong adalah manis, asam dan asin, mirip dengan asinan sayur Betawi di Indonesia. Salad ini sangatdirekomendasikan bagi Anda yang menyukai vegetarian. Selain itu, salad pepaya ini juga berdampak baik pada kesehatan tubuh.

5. Khao Piak Sen

Khao Piak Sen  adalah makanan khas Laos yang mirip dengan udon. Mie kenyal ini dibuat dengan tepung beras, bukan tepung gandum. Penyajiannya adalah dengan menata mie beras di dalam mangkok, lalu siram dengan kaldu bersama dagingnya. Kaldu merupakan faktor yang paling penting. Bahannya adalah tulang yang dipilih agar bisa mendapatkan rasa terbaik dan harus dimasak dengan api kecil. Di banyak restoran, makanan ini bisa ditambahkan dengan gula, bubuk cabai kering, saus sambal, kecap ikan atau kecap asin sesuai selera.

Sebelum disantap sajian ini ditaburi daun bawang, daun jeruk dan seledri segar untuk menambah aroma dan rasa. Cocok untuk dimakan ketika cuaca dingin di pagi hari bersama segelas kopi panas. Umumnya khao piak sen dibuat dari daging babi atau ayam, lengkuas, serai, bawang putih, bawang merah, tauge, daun ketumbar cincang, dan ditambah irisan limau segar.

Sudah tahukan makanan terfavorit di Laos yang wajib untuk di cicipi? Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya