Fakta Negara Tingkok Yang Kontroversi

Fakta negara Tiongkok atau China yang menimbulkan kontroversi. China sendiri dikenal sebagai negara dengan daratan yang luas dan juga jumlah penduduknya sangat banyak.

Selain itu, Tiongkok menjadi salah satu negara terkuat baik ekonomi dan politik. Negara komunis ini masih memiliki ekonomi terbesar di dunia dengan mengalahkan ekonomi Uni Eropa. Hal itu membuat beberapa negara waspada dengan Tiongkok.

1. Berebut Pulau Dengan Vietnam

Ketegangan antara China dan Vietnam kian meningkat. Hubungan kedua negara itu terancam.

Pasalnya pada tahun 2012, Beijing mengumumkan Sansha City yang terletak di Pulau Paracel sebagai kota terbarunya. Hal ini memicu kemarahan masyarakat Vietnam yang langsung serentak melakukan protes di depan kedubes Tiongkok di Hanoi.

2. China Klaim Kepulauan Spratlys di Filipina


Hubungan China dan Filipina semakin memanas. Hal ini terkait sengketa Kepulauan Spratly di Laut China Selatan kian meningkat.Lantaran, kepulauan ini juga dipercaya menyimpan banyak kekayaan alam berupa minyak dan gas alam.

3. China Tidak Izinkan Taiwan Merdeka

Hubungan China dan Taiwan semakin panas. Pasalnya, China memperingatkan Taiwan untuk tidak berusaha mencari kemerdekaan dan menegaskan bahwa Beijing akan bertindak keras jika pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu melintasi “garis merah” dalam upaya memblokir reunifikasi.

4. China Bersitegang Dengan Jepang


China terlibat sengketa dengan Jepang di Laut China Selatan. China mengklaim memiliki hak melakukan pengeboran di Laut China Selatan. Karena itu, China merasa tidak sama sekali melanggar perbatasan wilayah Jepang.

Adapun, Pemerintah Jepang meminta kepada China untuk menghentikan pembangunan alat pengeboran minyak dan gas di Laut China Selatan . Jepang khawatir pengeboran minyak dan gas itu bisa merambat ke waduk milik mereka.

5. Berebut Wilayah Dengan India

Ketegangan yang terjadi antara India dan China di wilayah Ladakh, yang terletak di kawasan Himalaya. Sebab, bagian utara India yang diklaim sebagai milik Tiongkok seperti Arunachal Pradesh. Padahal wilayah ini sebenarnya termasuk milik India berdasarkan berbagai macam perjanjian.

6. Membully Asia Tenggara

Tiongkok sendiri dikabarkan membully Asia Tenggara sebagai negara kecil. terutama Uzbekistan dan Kyrgyzstan. Tiongkok menekan dua negara tersebut meskipun mereka sebenarnya juga sekutu mereka sendiri

7. Intimidasi Negara ASEAN

China telah membuat klaim maritim di perairan kaya sumber daya alam di Laut China Selatan, dan membuat marah negera-negara tetangga dengan mengirimkan kapal ke jalur perairan yang sibuk, di mana beberapa anggota ASEAN juga memiliki klaim.

8. Meniru Produk

China merupakan salah satu negara yang diduga sebagai produsen barang jiplakan terbesar di dunia. Mereka bisa memproduksi apa saja barang punya negara lain, termasuk perangkat elektronik, teknologi dan lainnya. Pemalsuan seperti ini adalah masalah besar bagi banyak merk produk internasional.

9. Perang Dagang Ekonomi Amerika Serikat

China menjadi negara terkaya di dunia mengalahkan Amerika Serikat (AS) berdasarkan produk domestik bruto (PDB) pada akhir 2020. Pasalnya mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pernah memblokir barang China yang membuat perang dagang.

10. COVID-19

Dunia telah dilanda pandemi Covid-19 hampir dua tahun lamanya. Tapi, asal usul Covid-19 masih menjadi misteri hingga sekarang.

Kebanyakan ilmuwan percaya bahwa Covid-19 muncul di alam liar dan menginfeksi kelelawar lalu menular ke manusia, baik secara langsung atau melalui hewan lain. Sementara itu, ada juga peneliti yang berteori bahwa Covid-19 berasal dari laboratorium China. Virus ini membuat China disebut beban dunia dikarenakan menciptakan virus yang membuat seluruh dunia lumpuh.

 

 

Posting Komentar

0 Komentar