Wisata Bersejarah di Kamboja

Ingin liburan ke luar negeri, tapi malas pergi jauh-jauh? Coba deh berwisata ke Kamboja saja. Negara masih yang berada di kawasan Asia Tenggara ini punya banyak tempat wisata menarik untuk di kunjungi.

Dengan keunikan alam, budaya dan tradisi, serta beragam kuliner yang menarik untuk dicicipi, membuat liburan di Kamboja anti mainstram banget. Selain itu, di negara ini kamu dapat menelusuri beragam bangunan bersejarah. Yuk, kita telusuri bersama.

1. Angkor Wat

Kuil yang sering disebut mirip dengan Candi Prambanan ini selalu diletakkan di tempat teratas tempat wisata di Kamboja yang wajib dikunjungi. Angkor Wat terletak di kota Siem Riep yang berjarak sekitar 350 km dari Phonm Penh.

Kuil Hindu ini diperkirakan didirikan pada abad ke 12 dengan luas kurang lebih 163 hektar. Karena nilai sejarahnya, kuil ini merupakan satu dari Tujuh Keajaiban Dunia, situs Warisan Dunia UNESCO. Hingga saat ini, Angkor Wat masih dijadikan sebagai situs ziarah umat Buddha dari berbagai belahan dunia. Seni arsitekturnya melambangkan mahakarya yang bernilai sejarah, dan nilai filosofis.

Angkor Wat juga memiliki panorama alam sekitar yang sangat indah. Dari mulai taman, hingga danau. Suasana tenang, dan nyaman, adalah nuansa wisata saat berada di kawasan tersebut.

2. Istana Kerajaan Phnom Penh


Tujuan wisata yang tak kalah menarik untuk di kunjungi di Kamboja adalah Istana Raja Kamboja yang terletak di ibu kota negara, yaitu di Kota Phnom Penh.

Menyusuri bagian istana ini akan membuatmu terpaku karena keindahan bangunannya. Selain itu, di istana ini juga ada banyak tempat lain yang akan membuatmu kagum, diantaranya yaitu Silver Pagoda.

Terletak di sisi sebelah selatan istana, Silver Pagoda merupakan tempat menyimpan aset negara, loh. Salah satunya adalah patung Budha yang terbuat dari emas dan dihiasi dengan 9.584 berlian 25 karat. Sayangnya, pada masa perang saudara Kamboja, kebanyakan dari berlian ini sudah dicuri.

3. Tuol Sleng Genocide Museum dan Killing Field

Wisata rekomendasi di Kamboja selanjutnya adalah Tuol Sleng Genocide Museum. Museum ini menjadi saksi bisu dari kengerian saat perang saudara pecah di Kamboja pada tahun 1975-1978 lalu.

Lokasi ini dulunya merupakan penjara dan penyiksaan masyarakat lokal saat masa pemerintahan Pol Pot. Saloth Sâr atau Pol Pot menjadi Perdana Menteri Kamboja pada 1976. Ketika berkuasa, ia banyak membantai rakyatnya. Kekejamannya itu membuat masa pemerintahannya dianggap sebagai periode paling kelam sepanjang sejarah Kamboja.

Pada masa perang tersebut, diperkirakan sekitar 2 juta orang Kamboja meninggal dunia. Untuk mengenang masa kelam tersebut, di Tuol Sleng Genocide Museum dipajang sebanyak 8000 tengkorak di balik lemari kaca.

4. Koh Ker


Destinasi wisata Kamboja bersejarah lainnya adalah Koh Ker yang pernah menjad ibukota kerajaan Khmer pada tahun 928 – 944 M. Tempat wisata ini memiliki berbagai bangunan patung-patung dan kuil yang sangat besar, salah satunya adalah Kuil Piramida yang memiliki tinggi sekitar 30 meter yang berada di tengah belantara hutan.

Sayangnya, kuil ini letaknya sangat terpencil dan akses menuju ke sana cukup sulit. Sehingga pengunjung perlu menyewa kendaraan untuk mengantarkan ke lokasi ini.

5. Kuil Bayon


Kuil Bayon adalah candi agung Kerajaan Khmer di kawasan Angkor, Kamboja. Candi ini dibangun pada abad ke-12 oleh Raja Jayawarman VII sebagai perluasan besar-besaran dari ibu kota Angkor Thom.

Menariknya, di kuil ini ada 200 pahatan wajah yang berbeda-beda. Namun satu yang paling mencuri perhatian adalah pahatan wajah seorang pria tersenyum. Masyarakat setempat percaya jika pahatan tersebut adalah wajah dari Raja Jayayarman VII.

Situs-situs bersejarah di Kamboja ini pasti akan langsung menarik hati para pecinta sejarah. Bagi kamu yang berminat, pastikan untuk menelusuri semua tempat wisata bersejarah di Kamboja ini, ya. Selamat berlibur….  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya