Fakta Menarik Kamboja

 

Kamboja merupakan sebuah negara berbentuk monarki konstitusional dan termasuk ke dalam kawasan Asia Tenggara, yang berbatasan dengan negara Thailand, Laos, dan Vietnam.

Negara ini mempunyai penduduk sekitar 16 juta jiwa, dengan mayoritasnya adalah penganut agama Buddha Theravada. Bahasa nasionalnya adalah Bahasa Khmer.

Kamboja adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang punya banyak keunikan. Salah satunya adalah merayakan tahun baru di bulan April. Berikut ini beberapa fakta menarik Kamboja lainnya:

1 Ulang tahun bukanlah masalah besar

Ulang tahun adalah perayaan yang dilakukan untuk merayakan kelahiran. Setiap orang biasanya selalu senang dengan perayaan ulang tahun. Namun hal yang berbeda terjadi di Kamboja.

Ulang tahun bukanlah hal yang terlalu penting bagi masyarakat sekitar. Bahkan, banyak orang Kamboja tidak mengingat tanggal lahir mereka secara pasti, mereka hanya mengetahui musimnya saja. Hal ini menyebabkan banyak orang tua di Kamboja yang tidak mengetahui umurnya. Orang Kamboja hanya meyakini jika mereka menua satu tahun tiap Tahun Baru Kamboja. Apalagi, secara tradisional masyarakat Kamboja lahir pada usia 1 tahun daripada 0.

2. Neraka di Dunia

Negara Kamboja punya julukan yang cukup menyeramkan, yaitu Neraka di Dunia. Julukan ini di dapat Kamboja karena serangkaian perisitiwa kelam yang terjadi di negara ini ketika masa pemerintahan rezim Khmer Merah selama periode 1975-1979.

Kekuasaan khmer merah Kamboja sangatlah mengerikan dan membuat pemerintahan Kamboja menjadi kacau. Khmer merah Kamboja akan membantai siapapun yang menentang dan tidak sepemahaman dengan mereka.

 Tak hanya itu, perempuan dijadikan sebagai alat pemerkosaan oleh para rezim khmer merah. Pada masa itu, semua masyarakat dipaksa untuk bekerja dibawah perintah khmer merah dan sekolah ditutup untuk dijadikan penjara.

 Mereka yang dipenjara akan disiksa dan tidak diberikan makan oleh hmer merah, sampai mereka meninggal. Korban yang meninggal oleh para rezim tersebut yaitu ada sebanyak 2 juta penduduk Kamboja.

 Hal inilah yang mendasari penyematan sebutan Neraka di Dunia kepada negara Kamboja.

3. Punya Kuliner Ekstrim

Bicara soal kuliner, masyarakat Kamboja punya kebiasaan yang terbilang ekstrim. Mereka menjadikan reptil, serangga, jangkrik, ulat sutra, belalang, dan kalajengking sebagai makanan. Bahkan disana ada pasar yang menyajikan makanan-makanan eksterim itu.

Bagi tertarik, bisa mencoba makanan khas setempat bernama garantula goreng. Masyarakat setempat mengatakan makanan itu mirip dengan kepiting cangkang lunak.

4. Memiliki Tradisi Pernikahan yang Mewah dan Besar-besaran

Pernikahan masyarakat Kamboja berlangsung dengan mewah dan besar. Pesta pernikahan yang ada di Kamboja bahkan dapat digelar tanpa henti dan berlangsung hingga tiga hari, tiga malam.Tidak ada upacara pernikahan yang terbesar dan termewah selain di Kamboja.

5. Pemakaman Membutuhkan Biaya Besar

Pemakaman masyarakat Kamboja berlangsung hingga 49 hari. Sehingga untuk menjalankan semua adat, keluarga yang berduka harus menyediakan biaya yang besar. Hal ini kemudian membuat masyarakat Kamboja menyiapkan tabungan untuk pemakaman sejak muda. Padahal pendapatan masyarakat di Kamboja masih terbilang kecil.

6. Mempunyai Bendera yang Unik

Kamboja memiliki bendera yang unik dan menjadi satu-satunya bendera di dunia yang menampilkan sebuah bangunan sebagai lambang. Bangunan tersebut tak lain adalah Angkor Wat.

Angkor Wat merupakan salah satu bangunan keagamaan terbesar di dunia yang juga menjadi keajaiban dunia di Kamboja.

Sudah tahukan beberapa fakta menarik Kamboja? Kalau berkunjung ke sana, jangan lupa untuk mencicipi makanannya, ya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya