Fakta Laos, Negara Asia Tenggara yang Tak Punya Laut

 

Laos adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang beribu kota di Vientiane, dan merupakan salah satu negara yang bergabung dengan Indonesia di ASEAN.

Negara ini punya luas 236.800 km². namun uniknya dari seluruh wilayahnya tersebut tidak mencakup sedikitpun wilayah laut. Karena itu, Laos bahkan dijuluki sebagai “The Land Lock” atau negara terkunci.

Tidak adanya wilayah laut ini terjadi karena Laos dikelilingi negara-negara Asia lainnya, seperti Thailand, Vietnam, Myanmar, China, dan Kamboja.

Selain tidak mempunyai wilayah laut, ada banyak hal menarik lainnya mengenai Laos yang harus kamu ketahui. Cek selengkapnya!

1. Dijuluki sebagai negara yang paling banyak dibom

Letak Laos yang diapit oleh beberapa negara, tidak hanya menyebabkan negara ini tak mempunyai laut. Sebab kondisi tersebut negara ini ditimpa malapetaka saat perang Vietnam bergejolak pada tahun 1964-1973.

Meski tak terlibat secara langsung dalam perang tersebut, Laos harus ikut menanggung akibat dari perang tersebut, dimana negara dihujani bom selama 9 tahun perang Vietnam berlangsung. Padahal negara ini tak terlibat dalam perang tersebut.

Menurut catatan sejarah, Amerika Serikat menjatuhkan lebih dari 2 juta ton bom ke seluruh willayah Laos dan memakan sampai 350.000 korban.

Sekitar 30 persen di antaranya tidak meledak. Akibatnya, beberapa tanah pertanian di Laos tidak dapat digunakan untuk bertani karena khawatir sewaktu-waktu bom itu meledak.

2. Punya Bir Terbaik di Asia

Laos merupakan negara yang memproduksi bir tradisional yang diberi nama Beerlao. Minuman ini dibuat dari beras Jasmine yang ditanam secara lokal, malt yang diimpor dari Prancis atau Belgia dengan ragi dan hop yang diimpor dari Jerman.

Bir yang satu ini sudah tersohor hingga ke manca negara dan dijuluki 'Asia's Best Beer' atau bir terbaik Asia.

3. Dijuluki Negara Seribu Gajah

Laos dijuluki sebagai The Land of a Million Elephant atau Negeri Sejuta Gajah karena nama Laos berasal dari Lan Xang yang berarti gajah.

Julukan tersebut disematkan kepada negara tanpa laut ini, karena Laos memang menjadi rumah bagi ribuan gajah. Namun, populasi gajah di negara ini terus menurun, sebagai akibat dari peburuan liar. Diperkirakan jika di jumlah gajah yang hidup di negara ini hanya tinggal 1.000 ekor saja.

4. Menjadikan Beras Ketan Sebagai Makanan Pokok

Makanan pokok di Laos adalah beras ketan. Ini lah yang kemudian menjadikan Laos sebagai konsumen beras ketan tertinggi di dunia.

Nasi ketan biasanya disajikan manis, asam, atau difermentasi. Barulah disajikan dengan makanan lainnya.

Beras ketan sangat mendarah daging dalam budaya, tradisi keagamaan, dan identitas nasional Laos. Makanan ini dijadikan sebagai perekat oleh masyarakatnya dimanapun mereka berada.

5. Fosil Manusia Modren Ditemukan di Laos

Fosil tengkorak manusia modern ditemukan di gua Tam Pa Ling, gua di kawasan karst Gunung Pa Hang di Laos yang juga sering disebut Gua Monyet.

Diperkirakan tengkorak yang ditemukan pada tahun 2009 itu, berusia antara 46.000 hingga 63.000 tahun.

6. Tahun Baru Tidak Dirayakan pada 1 Januari

Berbeda dengan kebanyakan masyarakat di negara belahan dunia yang merayakan Tahun Baru pada 1 Januari, Laos merayakannya pertengahan April.

Perayaan yang dalam bahasa Laos disebut Pi Mai Lao diperingati pada tanggal 13-15 April yang juga merupakan hari libur nasional.  

Menurut kepercayaan orang Laos, 13 April adalah hari terakhir dalam kalender dan diibaratkan sebagai tanggal pembaruan. Oleh karena itu, pada 14 April akan ada ritual tradisional oleh para biksu di kuil dan perayaan kembang api.

Demikian dulu informasi mengenai fakta-fakta menarik mengenai Laos. Penasan untuk mengunjungi negara ini? Lain kali akan kita bahas mengenai wisata terbaik yang harus di kunjungi di Laos. Sampai jumpa….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya