Fakta Singapura, Negara Maju dari Asia Tenggara

Singapura merupakan negara terkecil di Asia Tenggara yang berada di ujung Semenanjung Malaysia dan berbatasan laut dengan Indonesia tepatnya dengan Kepulauan Riau.

Meskipun luas negara ini setara dengan luas Jakarta, namun posisinya yang strategis dan Sumber Daya Manusianya yang unggul, menjadikan Singapura menjadi negara terkaya di Asia Tenggara.  

Singapura menjadi negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di ASEAN dengan rata-rata pendapatan 59.797 dolar AS, atau setara dengan Rp800 juta. Angka ini sangat jauh bila dibanding dengan negara-negara Asia Tenggara yang lainnya.

Selain itu, Singapura menjadi surga belanja, karena kawasan perbelanjaan lengkap di negara ini. Mulai dari brand mewah, hingga kawasan belanja murah meriah.

Karena tak terlalu jauh dari Indonesia, Singapura juga menjadi tujuan wisata dan belanja masyarakat Indonesia.

Selain menjadi pusat berbelanja, masih ada banyak hal menarik lainnya yang ada di Singapura, loh! Penasaran? Yuk, lihat fakta-fakta menarik Singapura lainnnya:

1. Bandara dan Pelabuhan Tersibuk di Asia Tenggara

Singapura memiliki luas sekitar 728 km. Namun meski luasnya hanya berbeda sedikit dengan Jakarta, Singapura mempunyai lokasi strategis yang menjadikannya pusat perdagangan dan logistik.

Singapura menjadi negara dengan pelabuhan transit tersibuk di Asia Tenggara, karena banyak kapal-kapal kargo yang keluar atau masuk dari negara-negara seperti Cina, Jepang, Korea yang akan ke negara-negara Eropa, Afrika, maupun Timur Tengah banyak yang melewati Singapura.

Selain pelabuhan, bandara di Singapura juga selalu sibuk. Hal ini terjadi karena banyak penerbangan dari Eropa dan negara lainnya yang harus melakukan transit di negara Singapura.

2. Sumber Daya Alam yang Minim

Negara yang dijuluki sebagai Kota Singa ini mempunyai daratan yang kebanyakan digunakan sebagai area pemukiman. Pertanian dan perkebunan sangat minim di negara ini, sehingga untuk memenuhi kebutuhan pangan, Singapura kebanyakan melakukan impor.

Namun banyak masyarakat yang tinggal di negara itu, memanfaatkan atap rumah hingga balkon untuk menanam sayur-sayuran dengan teknik hidroponik.

3. Masyarakat Singapura Bekerja di Sektor Jasa dan Industri

Peningkatan perekonomian yang didapatkan oleh sebagian besar penduduk berasal dari pekerjaan dalam bidang jasa dan industri.

Bank Dunia mencatat sekitar 17 persen penduduk Singapura bekerja di sektor industri (pabrik) dan 12,4 persen penduduk lainnya bekerja di bidang jasa.

4. Biaya Hidup Tinggi

Sejalan dengan pendapatan per kapitanya yang tinggi, biaya hidup di Kota Singa ini juga tinggi. Mulai dari biaya transportasi, makanan, pendidikan, hingga rumah sakit pun dibanderol dengan harga yang cukup fantastis.

Biaya makan tinggi menjadi efek dari impor yang kebanyakan di lakukan di negara ini. Produk makanan yang dijual murah di Indonesia, akan dijual dengan harga yang lebih tinggi di Singapura, karena ada biaya besar untuk impor.

Selain itu, pemerintah Singapura juga minim memberikan subsidi.

5. Pusat Pendidikan di Asia Tenggara

Singapura merupakan negara dengan Sumber Daya Manusia yang unggul. Hal ini didukung dengan sistem pendidikan berkualitas di sana.

Ada beberapa universitas Singapura yang memiliki universitas dengan fasilitas dan pendidikan terbaik, beberapa di antaranya berada di atas peringkat universitas terbaik di dunia.

Dengan fasilitas terbaik, melanjutkan pendidikan di Singapura menjadi impian banyak pelajar, termasuk pelajar internasional.

5 fakta-fakta mengenai Singapura yang sudah dijelaskan di atas masih segelintir informasi mengenai negara ini. lain kali akan kita bahas lagi informasi menarik Singapura lainnya, untuk menambah wawasan.

Sampai Jumpa….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya