Sistem Pendidikan yang Diterapkan di Korea Selatan


Sistem Pendidikan yang Diterapkan di Korea Selatan

Korea Selatan merupakan sebuah Negara yang letaknya berada di benua Asia.

Negara yang satu ini merupakan sebuah Negara yang terkenal dengan industri hiburannya, seperti dunia permusikan berserta perfilmannya.

Namun bukan hanya itu, Korea Selatan juga dikenal sebagai Negara yang kaya akan keindahan alam, seni, dan juga budaya yang membuat Negara yang satu ini banyak dikujungi oleh visatawan dari berbagai manca Negara.

Tidak hanya dipandang dari segi destinasinya, sistem pendidikan yang diterapkan di Korea Selatan juga dapat menjadi salah satu aspek yang tidak luput dari perhatian banyak orang.

Nah, pada kali ini kita akan membahas mengenai sistem pendidikan yang diterapkan di Korea Selatan. Penasaran bagaimana sistemnya? Berikut penjelasannya.

Sistem Pendidikan Yang di Tetapkan di Korea Selatan

1. Belajar hingga 50 jam per minggu

Sistem pendidikan pertama yang di terapkan di Korea Selatan adalah belajar sebanyak 50 jam dalam satu minggu.

Hal ini tentu berbeda jauh jika dibandingkan dengan Finlandia yang hanya memiliki jam belajar sebanyak 30 jam per harinya.

Warga Korea Selatan memiliki prinsip yang unik, yaitu manusia dianggap akan mati jika tidak memiliki pendidikan yang baik.

Masyarakat Negara ini juga sangat memegang teguh bahwa pendidikan yang tinggo mampu mengangkat status dan juga derajat seseorang dalam kehidupan sosial.

2. Masa Studi SD hingga Kuliah

Di Korea Selatan, para pelajar akan menghabiskan masa pendidikan dasarnya selama 6 tahun, kemudia akan melanjut ke jenjang yang lebih tinggi yakni SMP.

SMP di Korea Selatan akan ditempuh dalam jangka waktu 3 tahun, dan dilanjut dengan pendidikan yang lebih tinggi, yakni SMA selama tiga tahun.

Ketika menjalani perkuliahan pada jenjang pendidikan S1,  maka masa kuliah berjalan dari 3 hingga 6 tahun. Berbeda dengan pendidikan S1, perkuliahan S2 hanya membutuhkan waktu 2 tahun.

3. Belajar 16 Jam di Sekolah

Sitem pendidikan berikutnya yang diterapka di Korea Selatan adalah menerapkan 16 jam pembelajaran dalam satu hari di sekolah.

Hal ini berarti para pelajaran akan menghabiskan waktunya dari pagi hingga malam hari di sekolah. Hal tersebut menyebabkan mayoritas pelajar yang ada di Korea Selatan menggunakan kaca mata.

4. Lima Mata Pelajaran Utama

Sistem pendidikan berikutnya yang diterapkan di Korea Selatan adalah dengan menentukan 5 mata pelajaran utama yang ada di sekolah, seperti  Matematika, Bahasa Inggris, Studi Sosial, Sains, dan Bahasa Korea. Seluruh mata pelajaran tersebut wajib karena berhubungan erat dengan pengetahuan dalam ranah akademisi.

Sedangkan untuk mata pelajaran yang kurang ditekankan adalah bidang olahraga. Sehingga tak heran, jika para pelajar yang ada disana memiliki kecerdasan emosional yang tingga.

5. Akses Internet

Sistem pendidikan berikutnya yang diterapkan di Korea Selatan adalah menyediakan koneksi internet dengan kecepatan mencapai 10 Gbps.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah para pelajar dalam mengakses beberapa hal yang dapat menunjang peningkatan pendidikan.

Inilah keunggulan para pelajar di Korea karena mempunyai akses belajar digital. Berbagai informasi di dunia bisa langsung mereka akses menggunakan jaringan internet super cepat.

6. Tenaga Pendidik Korea Selatan

Di Korea Selatan, para pelajarnya sangat menghormati sang guru dan menganggap mereka merupakan sosok yang harus dihargai.

Mereka menganggap bahwa guru sangat berjasa dalam membantu mereka untuk mengenali duni dan juga membantu mereka dalam menggapai mimpi mereka. Hal inilah menjadi alasan mengapa mereka sangat menghormati guru mereka.

Para tenaga pendidik di Negara yang satu ini juga dikenal memiliki tingkat kedisplinan yang tinggi, keras, serta tegas dalam mendidik dan mengajar para murid.

7. Sekolah Sampai Sabtu

Sistem pendidikan di Korea Selatan mengharuskan semua instansi pendidikan untuk masuk di hari Senin-Sabtu.

Di sana, para pelajar akan tetap masuk dari pagi hingga sore, walaupun di hari akhir pecan sekalipun.

Itulah beberapa sistem pendidikan yang diterapkan di Negara Korea Selatan. Semoaga penjelasan kali ini dapat menambah wawasan kalian ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya