Negara Asia yang Tidak Pernah Dijajah

Tahukah kamu? Penjajahan atau kerap dikenal sebagai kolonialisme merupakan sebuah istilah yang diambil dari bahas Latin, yaitu “colonia” yang memiliki arti pemukiman.

Maka, dapat disimpulkan bahwa penjajahan atau kolonialisme merupakan sebuah taktik yang dilakukan oleh sebuah Negara untuk memperluas wilayah kekuasaannya.

Penjajahan biasanya dilakukan oleh sebuah Negara dengan cara menaklukkan seorang penguasa dari sebuah wilayah untuk menguasai isi dari sebuah Negara.

Nah, pada kesempatan kita kali ini, kita akan membahas mengenai beberapa Negara Asia yang tidak pernah dijajah. Penasaran Negara apa saja itu? Mari kita bahas.

Negara Asia yang Tidak Pernah Dijajah

1. Denmark 

Negara Asia yang Tidak Pernah Dijajah

Negara Denmark menjadi salah satu Negara Asia yang tidak pernah dijajah.

Negara yang satu ini berbatasan dengan Swedia disebelah barat dan Norwegia disebalah utara.

Ternyata, selain tidak pernah dijajah oleh bangsa lain, Negara yang satu ini juga tidak pernah menjajah bangsa lainnya, sehingga Negara yang satu ini dikenal sebagai Negara yang netral karena tidak pernah terlibat dengan praktik penjajahan.

Denmark masuk kedalam kategori Negara paling aman di dunia karena masyarakatnya dikenal memiliki tanggung jawab yang bagus serta kesetaraan hidup yang tinggi.

Bukan hanya itu, kesejahteraan masyarakatnya juga tergolong tinggi, hal ini dibuktikan dengan adanya program fasilitas kesehatan tanpa biaya tambahan sampai dengan pembebasan pada biaya kuliah.

2. Ethiopia

Negara Asia yang Tidak Pernah Dijajah
Negara di Asia yang tidak pernah dijajah adalah Negara Ethiopia.

Negara yang satu ini juga menjadi salah satu Negara yang tertua di benua Afrika yang tidak pernah disentuh oleh tangan penjajah.

Berdasarkan penjelasan yang dilansir dari sebuah Jurnal Kajian Wilayah juga sisebutkan bahwa eksistensi Ethiopia sudah ada sejak masa Kerjaan Aksum, yakni berkisar pada abad delapan sebelum Masehi.

Pada awalnya Negara yang satu ini hampir saja dijajah oleh Italia tada 1896 dalam perang Battle of Adwa, namun digagalkan oleh masyarakat Ethiopia yang menang dalam perang.

Setelah kemenangannya melawan penjajah, Ethiopia tidak pernah lagi dijajah oleh bangsa manapun, sehingga menjadi salah satu Negara yang tidak pernah dijajah.

3. Thailand

Negara Asia yang Tidak Pernah Dijajah
Negara di Asia yang tidak pernah dijajah adalah Negara Thailand.

Thailand menjadi salah  negara di ASEAN yang tidak pernah dijajah. Hal itu disebabkan karena Negara yang satu ini dikenal sudah terbuka dengan bangsa lain sehingga tidak dijajah oleh bangsa lain.

Namun, sebenarnya yang menjadi alasan mengapa negar ini tidak pernah dijajah oleh bangsa yang lainnya yaitu karena tanahnya yang dikenal tidak subur, sehingga kurang menarik bagi para penjajah untuk menguasai wilayah ini.

4. Nepal

Negara Asia yang Tidak Pernah Dijajah
Negara Asia yang tidak pernah dijajah berikutnya adalah Negara Nepal.

Nepal, secara geografis letaknya berada diantara Negara India dan juga Tiongkok.

Negara yang satu ini masuk kedalam kategori Negara yang tidak pernah dijajah karena mendapat perlindungan langsung dari kerajaan Inggris.

Nepal sudah berdiri sejak tahun 1768 dengan bentuk Negara yaitu kerajaan. Namun, pada tahun 2008 silam, Negara yang satu ini merubah bentuk Negaranya menjadi sebuah Republik.

5. Bhutan

Negara Asia yang Tidak Pernah Dijajah

Negara Asia yang tidak pernah dijajah adalah Negara Bhutan. Negara yang satu ini hampir sama dengan Negara Nepal, yakni berada tepat diantara Negara India dan juga Tiongkok.

Penyebab awal yang membuat Negara yang satu ini tidak pernah dijajah oleh bangsa lainnya adalah karena raja nya yang terkenal baik hati dan juga sederhana, sehingga cenderung menghindari konflik dengan Negara lain.

Tidak hanya itu, keberadaan Negara yang satu ini juga cukup terisolir sehingga sangat sulit untuk dijangkau oleh Negara yang lainnya.

6. Tiongkok   

Negara Asia yang Tidak Pernah Dijajah

Negara di Asia yang tidak pernah dijajah adalah Negara Tiongkok.

Penyebab Negara yang satu ini tidak pernah dijajah oleh Negara yang lain karena Tiongkok sudah menjalin hububungan kerja sama dengan beberapa Negara lainnya dibidang perdangan sejak abad ke-19 hingga ke 20.

Tiongkok sudah menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan beberapa bangsa koloni, seperti Prancis, Inggris, Jerman, Amerika Serikat dan Jepang.

7. Jepang

Negara Asia yang Tidak Pernah Dijajah
Negara Asia yang tidak pernah dijajah berikutnya adalah Negara Jepang.

Negara yang satu ini bukan sebagai Negara yang dijajah, melainkan Negara yang melakukan penjajahan kepada bangsa lainnya, termasuk Indonesia sendiri.

Namun, meskipun tidak perna dijajah oleh bangsa lainnya, Jepang juga sempat berseteru dengan Negara Amerika Serikat dan mengalami kekalahan yang berakhir dengan di bomnya dua kota besar di Jepang kala itu, seperti Hiroshima dan Nagasaki.

Namun, hal tersebut tidak menjadi sebuah hal yang membuat Jepang menjadi terpuruk, hal tersebut dibuktikan dengan menjadikan Jepang sebagai salah satu Negara yang memiliki perekomonian yang maju.

Nah, itulah beberapa Negara Asia yang tidak pernah dijajah. Semoga pembahasan kita kali ini dapat menambah wawasan kamu ya, terimakasih sudah mengunjungi blog ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya