Fakta-Fakta Yang Ada di Negara Finladia



Negara Finlandia ternyata menyingkap banyak keunikan dan rahasia besar, salah satunya menjadi negara paling bahagia di dunia dengan memiliki tingkat pendidikan tertinggi di dunia. Seperti apa penjelasannya? Simak di sini.

Negara Finlandia adalah negara yang terletak di Eropa Utara, serta masuk dalam anggota dari Uni Eropa. Negara ini memiliki populasi sekitar 5,5 juta jiwa dan mayoritas tinggal di kawasan selatan.

Finlandia memiliki perbatasan darat dengan Swedia di barat, Norwegia di utara, dan Rusia di timur sedangkan batas lautnya adalah Laut Baltik di barat daya, Teluk Finlandia di selatan, dan Teluk Bothnia di barat. Finlandia merupakan bagian dari kawasan geografi Fennoscandia, yang di dalamnya juga termasuk Skandinavia dan sebagian Rusia.

Sebelum kita melanjutkan pembahasan, admin menyarankan kamu untuk mendengarkan lagu chord runtah sambil membaca artikel ini. Berikut fakta-fakta mengenai Negara Finlandia.

1.       Paspor Finlandia Salah Satu yang Tersakti di Dunia

Fakta unik negara Finlandia pertama adalah memiliki paspor sakti. Negara ini menduduki peringkat ke-4 di dunia sebagai pemilik paspor yang bebas melancong ke 188 negara.

Angka ini mengalahkan negara Jepang yang bebas ke 191 negara, Singapura 191 negara dan Korea Selatan dan Jerman ke 189 negara.

2.       Finlandia Menjadi ibu Kota dengan Tahanan Kabur Terbanyak di Eropa

Di Finlandia para pelaku kriminal dibiarkan secara bebas pada siang hari untuk dapat berbelanja, bekerja, bersosialisasi dan lain sebagainya. Kok bisa? Ternyata fakta unik negara Finlandia ini dilakukan untuk mengurangi pengeluaran biaya hidup. Sistem seperti itu dianggap efektif dari segi biaya, dan juga diyakini menurunkan level reofending rates.

Sementara Finlandia dipuji karena sistem "penjara terbuka" progresifnya, Negara Finlandia juga menderita kelemahan sistem tersebut.

Sistem ini memudahkan tahanan untuk melarikan diri. Tahanan Finlandia memiliki tingkat tahanan kabur 1.084 per 10.000 tahanan, jumlah tersebut merupakan yang tertinggi di Eropa.

3.       Terowongan Terpanjang Kedua Dunia Terletak di Finlandia

Terowongan Air Päijänne adalah terowongan sepanjang 120 km di bagian selatan Finlandia. Terowongan itu memasok air bersih bagi jutaan orang Finlandia yang tinggal di wilayah tersebut.

Terowongan ini adalah terowongan terpanjang kedua di dunia, setelah Delaware Aqueduct atau Saluran Air Delaware di Amerika Serikat.

4.       Finlandia Merayakan Hari untuk Kegagalan

Perayaan pertama diadakan pada tahun 2010 oleh mahasiswa Finlandia yang saat itu tak berhasil dalam menghadapi ulangan di tahun tersebut.

Kemudian kabar tersebut berkembang dan menjadi perbincangan dengan maksud untuk menyadari kesalahan, serta tidak mengulanginya kembali di kemudian hari.

Saat ini, banyak politikus, artis, tokoh media, dan lainnya yang terkenal mendukung Day for Failure atau hari kegagalan , yakni pada tanggal 13 Oktober setiap tahun. Dalam perayaan itu orang-orang berbagi kisah kegagalan mereka dan bagaimana mereka mengatasi masalahnya.

Hari itu dirayakan untuk memungkinkan orang membuka masalah dalam kehidupan, dan mengumpulkan dorongan dari masyarakat serta orang lain yang mengalami nasib serupa tetapi masih berhasil bertahan.

5.       Orang Finlandia Minum Kopi Lebih Banyak Daripada Orang Lain

Sama seperti susu, orang-orang Finlandia juga kecanduan kopi. Terbukti dari kenyataan bahwa negara itu berada di peringkat nomor satu dalam daftar 10 negara konsumen kopi teratas dunia.

Orang Finlandia mengkonsumsi 12 kg kopi per orang setiap tahun.

Kopi tidak hanya menjadi minuman sehari-hari di negara ini, tetapi juga merupakan minuman perayaan yang dikonsumsi pada acara-acara khusus, pesta, dan makan siang pasca-ibadah di gereja.

6.       Kata Palindromik Terpanjang Berasal Dari Bahasa Finlandia

Palindrome adalah frasa atau kata yang dibaca sama dari depan atau belakang.

Kata palindromik terpanjang yang dikenal adalah saippuakivikauppias (19 huruf), yang dalam bahasa Finlandia berarti pedagang soda api (soda api).

7.       Finlandia Adalah Satu-Satunya Rumah dari Saimaa Ringed Seal yang Langka

Spesies anjing laut yang sangat terancam, Saimaa Ringed Seal ditemukan di Danau Saimaa, Finlandia. Hanya sekitar 380 individu dari spesies yang hidup di danau saat ini.

Anjing laut jenis itu mulai menghuni danau ketika daratan naik dan memotong danau dari laut setelah zaman es terakhir.

Selama sekitar 9.500 tahun, spesies anjing laut ini berevolusi secara terpisah dan merupakan salah satu dari sedikit hewan laut air tawar yang hidup saat ini.

8.       Perlombaan Wife-Carrying Race atau Menggendong Istri Berasal dari Finlandia

Menggendong istri, juga dikenal di Finlandia sebagai eukonkanto, adalah kompetisi di mana pria harus membawa rekan wanita satu tim mereka (secara tradisional istri mereka) dan berlomba melawan pesaing lain melalui jalur hambatan khusus. Orang yang selesai pertama dinyatakan sebagai pemenang.

Olahraga ini pertama kali diperkenalkan di Sonkajärvi, Finlandia. Saat ini, Sonkajärvi menjadi tempat digelarnya Wife Carrying World Championships. Pemenangnya menerima hadiah bir senilai berat istrinya. Unik sekali ya?

9.       Orang Finlandia Sangat Suka Minum Susu

Orang Finlandia sangat menyukai susu dan produk susu. Konsumsi susu tahunan per orang di Finlandia adalah 34,34 galon, menjadikan Finlandia negara konsumen susu tertinggi di dunia.

Orang Finlandia mengkonsumsi susu dalam bentuk cairnya, seperti susu asam atau susu dadih, dan produk susu lainnya seperti es krim, keju, dan yogurt.

10.   Ada Lebih dari 3 Juta Sauna Di Finlandia

Sauna Finlandia adalah bagian integral dari budaya di Finlandia. Ada lebih dari 3 juta sauna untuk 5 juta penduduk negara itu.

Sauna di Finlandia adalah tempat untuk bersantai dan bersosialisasi dengan keluarga dan teman. Bagi orang Finlandia, sauna adalah suatu keharusan, dan di masa lalu kebanyakan wanita Finlandia melahirkan di sauna.

11.  Kewenangan Akses Internet

Pada tahun 2010, Finlandia membentuk kebijakan pemberian hak untuk kepentingan umum, yaitu akses internet secara legal.

Bahkan, pemerintah memberikan kewenangan agar perusahan internet wajib menyediakan layanan tercepat bagi warganya. Dengan alasan internet sangat membantu dan berguna untuk pekerjaan mereka.

Namun, dengan adanya ketangkasan internet tersebut diperlukan juga kehati-hatian dari pengguna akan keamanan dan mudahnya pembajakan.

12.  Percaya kepada Polisi

Finlandia menjadi negara dengan penegak hukum atau polisi yang terorganisasi dalam sistem tunggal. Alhasil, polisi dapat melindungi dari upaya yang dilakukan oleh para penguasa untuk memonopoli atau mempengaruhi polisi. Oleh karena itu, masyarakat lebih percaya kepada aparat kepolisian.

13.   Negara Paling Bahagia di Dunia

 Fakta unik negara Finlandia adalah menjadi negara paling bahagia di dunia. Bahkan, lembaga World Happiness Report telah menetapkan Finlandia sebagai juara pertama dalam kurun waktu 4 tahun.

Fakta Unik Negara Belanda, Salah Satunya Jadi Bangsa yang Impor Narapidana Finlandia mendapat nilai tertinggi mencapai 7,842 dari total skor 10.

Pemeringkatan diambil berdasarkan dukungan penduduk Finlandia yang berhasil mengamankan posisi puncak dan langkah dalam menolong pemerintah mengatasi pandemi Covid-19.

Kemudian, tingkat kebahagiaan juga dinilai dari kebijakan pemerintah memberi kebebasan keputusan sendiri kepada masyarakat. Serta, tingkat korupsi rendah menjadi patokan utama dinobatkan sebagai negara paling bahagia.

14.   Kualitas Pendidikan Terbaik

Selain memiliki tingkat kebahagiaan yang tinggi, Finlandia juga memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia. Fakta unik negara Finlandia ini terlihat dari kebijakan mempekerjakan pengajar profesional yang telah lulus uji oleh Kementrian pendidikan di sana.

Selain itu, biaya sekolah di Finlandia digratiskan kepada warga negara Uni Eropa dengan waktu pelajaran selama 4-5 jam dalam sehari. Guru juga jarang memberikan tugas rumah kepada para muridnya, serta meniadakan ujian nasional.

                   15.  Tunjangan dari Negara

Warga Finlandia menerima perlindungan sosial dari negara. Tunjangan tersebut berasal dari pajak kota yang dibayarkan tiap penduduk di sana sehingga mereka mendapat tunjangan dari negara untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sebagai contoh, para orang tua Finlandia mendapatkan 10 euro tiap bulan pada setiap anak yang dimiliki hingga usia 17 tahun. Uang tersebut, dapat dipergunakan sesuai keinginan pemiliknya, seperti berbelanja, membeli peralatan sekolah dan lain sebagainya.

Namun, kebanyakan dari mereka memilih untuk menabungkannya dan akan diberikan kepada sang anak dengan jumlah yang lebih banyak untuk masa depannya.

Itulah fakta unik negara Finlandia. Apakah kamu tertarik berlibur ke negara tersebut?

Posting Komentar

1 Komentar