Makanan Khas Malaysia yang Wajib Dicoba

Malaysia memiliki keanekaragaman etnis, agama, dan budaya. Mayoritas penduduknya adalah Melayu, tetapi terdapat juga komunitas besar dari etnis Cina, India, dan suku-suku pribumi seperti Orang Asli dan Dayak.

Negara dengan bentuk pemerintahan monarki konstitusional ini dikenal dengan kelezatan makanan khasnya yang terkenal di seluruh dunia. Keanekaragaman budaya dan etnis di negara ini telah memberikan kontribusi pada variasi kuliner yang kaya dan menggugah selera.

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Malaysia tidak menikmati kuliner khas negeri Jiran ini. Umumnya, makanan khas Malaysia merupakan masakan Melayu dan mampu menggoyang lidah wisatawan.

Makanan Khas Negara Malaysia

Penduduk Malaysia di dominasi oleh suku Melayu, India dan China. Perpaduan di antara suku tersebut menghasilkan suatu budaya yang khas. Termasuk juga makanan khasnya.

Berbicara soal makanan, Malaysia juga memiliki makanan khas yang sudah diwariskan turun temurun, seperti nasi lemak. Selain itu, ada beberapa makanan khas dari masyarakat di negara Malaysia adalah sebagai berikut:

1. Nasi Lemak

Makanan khas negara Malaysia adalah nasi lemak. Nasi lemak ini memiliki rasa yang nikmat dan menggugah selera makan dengan berbagai lauk pendampingnya. Nasi lemak merupakan hidangan yang dimasak dengan menggunakan santan dan racikan bumbu pedas.

Makanan khas dari negara Malaysia adalah hidangan sarapan saja. Namun, seiring berjalan waktu, menu ini bisa disantap baik siang maupun malam. Nasi lemak disajikan dengan berbagai pilihan lauk pauk seperti, tempe, tahu, kacang goreng, sate, dan parutan kelapa.

2. Ayam Pongteh

Makanan khas Malaysia yang satu ini cukup istimewa. Potongan daging ayam, kentang dan jamur membuat rasanya semakin gurih dan nikmat. Makanan khas Malaysia adalah ayam pongteh mirip dengan semur ayam. Namun, ada perbedaan dari bahan yang diberikan. Ayam ponteh dimasak dengan menggunakan tauco. Ketika menyajikan makanan ini, sebaiknya hidangkan dengan sambal belacan.

3. Nasi Kerabu

Selanjutnya, makanan khas negara Malaysia adalah nasi kerabu. Nasi kerabu adalah kuliner khas negeri Jiran yang selalu diburu oleh wisatawan. Nasi kerabu memiliki keunikan dari segi warnanya. Nasi kerabu mempunyai warna yang kebiruan sehingga banyak orang yang penasaran dengan rasanya. Warna biru berasal dari kelopak bunga telang yang kering.

Sama halnya dengan nasi lemak, hidangan nasi kerabu ini disajikan dengan lauk pendamping seperti ikan bilis, ayam goreng, telur asin, kerupuk, ayam bakar dan berbagai jenis sayuran.

4. Ayam Percik

Makanan khas dari negara Malaysia adalah ayam percik. Makanan ini memiliki rasa ayam dan kuah yang sangat gurih, karena dimasak memakai bumbu rempah yanh khas.

Cara memasak ayam percik ini pun dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari digoreng hingga dipanggang. Di Malaysia terdapat dua jenis ayam percik yang sesuai dengan tempat asalnya, yaitu Ayam Percik Terenggannu dan Ayam Percik Kelantan.

5. Char Koay Teow

Makanan ini salah satu makanan ikonik di Penang dan Kuala Lumpur. Makanan ini menggunakan bahan utama mie yang dicampur dengan saus kedelai, udang, kerang, sosis, kecambah, telur, ayam atau bebek dan cabai.

Makanan khas negara Malaysia adalah char koay teow. Umumnya, makanan ini disajikan di atas daun pisang.

6. Nasi Kandar

Nasi kandar mirip seperti nasi rames di Indonesia. Hanya saja makanan ini dibuat dengan bumbu rempah-rempah yang digunakan dalam pembuatan kari. Makanan ini pertama kali diperkenalkan oleh komunitas imigran muslim India.

7. Asam Laksa Penang

Makanan khas negara Malaysia adalah asam laksa Penang. Makan ini terdiri dari mie atau bihun yang disiram dengan kuah kental asam pedas. Lalu ditaburi dengan topping ikan makarel segar, selada, nanas, mentimun, dan cabai. Asam laksa Penang adalah perpaduan dari masakan Melayu dan China. Makanan ini memiliki rasa pedas yang segar dan lezat.

8.  Palak Paneer

Palak paneer merupakan kuliner dari India. Palak paneer memiliki kuah yang berwarna hijau yang berasal dari bayam segar yang diberi tambahan keji kambing. Palak paneer biasanya disantap dengan roti khas India, seperti chapatis dan bhaturas.

9. Chee Cheong Fun

Makanan khas dari negara malaysia adalah chee Cheong Fun. Chee Cheong Fun merupakan jajanan tradisional yang mirip dengan kwetiaw.

Jajanan ini terbuat dari tepung beras dan tag mien yang disajikan bersama dalam potongan lalu disiram dengan kecap asin atau saus asam manis pedas di atasnya. Kemudia ditambahkan taburan bawang goreng yang membuat makanan ini semakin lezat.

10. Umai

Makanan khas Malaysia ini, berbahan dasar ikan tenggiri atau udang, mudah ditemui di sejumlah restoran di Kuching. Umai dapat disantap langsung atau dengan nasi putih yang pulen.

Perpaduan bumbu pedas dan asam dari cabai, jahe, dan perasan jeruk limau yang dihaluskan bersama bahan dasar Umai memberikan rasa yang istimewa. Umai biasanya dimasak dengan sedikit minyak melalui proses tumis.

11. Mee Siam

Makanan khas Malaysia ini menggunakan bahan dasar bihun atau misoa. Mee Siam adalah kuliner khas Malaysia yang sangat populer sehingga diberikan gelar "Truly Malaysia" untuk mempromosikannya sebagai bagian dari daya tarik pariwisata Malaysia.

Bihun atau misoa pada makanan khas Malaysia ini disajikan dengan kuah bercita rasa asam pedas dan dilengkapi dengan berbagai topping seperti suiran daging ayam, daun bawang, dan irisan telur.

12. Curry Me

Makanan khas negara Malaysia adalah curry me. Sajian ini mirip dengan laksa. Curry me adalah sup yang dibuat dengan kombinasi kari dan santan, biasanya menggunakan mie kuning dan bihun, kacang goreng, kerang, udang, cumi-cumi, dan tauge.

13. Ayam Tandoori

Makanan khas Malaysia selanjutnya adalah ayam tandoori. Hidangan ini banyak ditemui di George Town. Ayam tandoori biasanya disajikan dengan tambahan kari yang membuat makanan ini semakin lezat.

14. Murtabak

Sama seperti martabak asin di Indonesia, murtabak adalah roti pipih yang bisa dibuat polos atau diisi dengan ayam, daging kambing atau telur. Kemudian disajikan dengan kari dan acar.

15. Popiah

Popiah adalah lumpia China yang disajikan segar, tidak digoreng. Bagian luarnya sangat tipis dan bagian dalamnya penuh dengan bahan-bahan nikmat, seperti:kedelai, lobak parut, kacang Perancis, tahu goreng, kacang cincang, telur cincang, telur parut, selada, dan daging kepiting.

16. Mee kolok

Mee kolok adalah makanan khas Malaysia yang berupa jenis mie kering atau mie iris yang populer di Serawak. Mie ini banyak dijual di daerah Kuching, Malaysia. Biasanya hidangan ini disajikan dengan sup dan kecap.

17. Kerutuk Daging

Kerutuk daging merupakan masakan kari khas kota Kelantan, Malaysia. Makanan ini berbahan dasar daging sapi. Kerutuk daging merupakan makanan tradisional yang umumnya dimasak dengan memakai santan.

18. Oh Chien

Oh Chien atau disebut dengan omelet tiram. Makanan ini merupakan jajanan khas Penang. Bahan utama dari omelet ini terdiri dari tiram yang digoreng dalam adonan tepung telur dan nasi untuk memberikan rasa renyah.

Setelah itu, omelet ini dicampur dengan daun bawang dan disajikan dengan cabai pedas atau saus bawang putih.

19. Kek Lapis Sarawak

Kek lapis Sarawak merupakan jajanan tradisional. Sesuai dengan namanya, hidangan ini berasal dari daerah Sarawak. Kek Lapis Sarawak biasanya disajikan pada perayaan kegamaan seperti Idul Fitri, Natal dan Deepvali.

20. Puding Diraja

Puding Diraja memiliki rasa manis dengan sedikit sentuhan gurih karena menggunakan pisang sebagai bahan utamanya. Pisang yang digunakan dalam puding Diraja dicampur dengan berbagai bahan lain seperti susu evaporasi, kismis, kacang mete, atau buah ceri. Puding Diraja biasanya disajikan dengan saus mirip vla yang terbuat dari susu dan tepung jagung.

Pada masa lampau, puding Diraja hanya disajikan untuk keluarga kerajaan Malaysia yang tinggal di Kota Pahang. Namun, kini makanan ini juga bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Puding Diraja umumnya dikonsumsi pada siang hari saat cuaca terik atau sebagai hidangan berbuka puasa.

Nah, itulah makanan khas negara Malaysia yang dapat kamu nikmati ketika berkunjung ke sana. Semoga informasi ini bermnafaat ya.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta Sri Lanka, Negara Terlilit Hutang sampai dengan Terancam Bangkrut

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China