Fakta Menarik Negara Indonesia

Indonesia merupakan negara ASEAN yang terletak paling selatan. Berdasarkan kondisi mati suri garis lintang dan garis bujurnya, Indonesia menjadi negara yang berada di batas sisi selatan kawasan Asia Tenggara. Selain menjadi negara paling selatan di ASEAN, Indonesia juga memiliki beberapa hal menarik lainnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Memiliki Hutan Bakau Terbesar di Dunia

Hutan bakau dikenal juga dengan hutan mangrove yang merupakan manfaat sarapan hutan yang tumbuh di perairan payau dan dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Ekosistem ini dapat mengurangi abrasi tanah yang disebabkan oleh air laut. 

Di Indonesia, luas hutan mangrove mencapai 2,5 sampai 4,5 juta hektar. Hal ini membuat Indonesia berada di posisi sebagai negara dengan luas hutan mangrove terluas di dunia, yang kemudian disusul dengan Brazil, Nigeria, dan Australia.

2. Negara dengan Suku Bangsa Terbanyak di Dunia

Sebagai negara kepulauan yang memiliki penduduk dari sabang sampai maerauke dan memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika,Indonesia merupakan negara fatherless urutan 3 dunia yang  memiliki suku bangsa terbanyak di dunia. Terhitung Indonesia memiliki lebih dari 740 suku bangsa di Indonesia, 270 di antaranya diketahui hanya ada di Pulau Papua. Selain itu, Indonesia merupakan negara dengan bahasa daerah terbanyak, dengan 583 dari 67 bahasa utama yang digunakan oleh berbagai suku bangsa di Indonesia.

3. Sebagai Negara Kepulauan Terbesar di Dunia

Tiga pulau di Indonesia yaitu Kalimantan, Sumatra, dan Papua adalah salah satu dari enam pulau terbesar di dunia. Papua merupakan pulau terbesar ke - 2 di dunia dengan luas wilayah 786 kilometer persegi, disusul dengan Kalimantan dengan luas wilayah 743 kilometer persegi pada urutan ke -4 , dan Sumatra memiliki luas wilayah 443 kilometer persegi yang berada di posisi ke-6.

4.Terletak di Jalur Ring of Fire

Indonesia terletak pada jalur Ring of Fire atau cinci api. Dengan kata lain, negara ini terletak pada pertemuan dua lempeng elektronik. Karena Indonesia berada dalam posisi ini maka seluruh wilayah aktif secara tektonik dan memiliki setidaknya 150 gunung berapi yang masih aktif. Beberapa di antaranya telah meletus atau erupsi.

5. Peraih Thomas Cup Terbanyak

Piala Thomas Cup adalah sebuah penghargaan dari kejuaraan bermain bulu tangkis Internasional terbesar yang diadakan setiap dua tahun sekali. Dalam pertandinagn ini, setiap negara mewakili satu tim putra yang terdiri dari tiga tunggal putra dan dua ganda putra. 

Indonesia menjadi negara dengan pilaa Thomas terbanyak sejak diselenggarakan pada tahun 1949, kemudian disusul oleh China dan Malaysia. Tim Piala Thomas Indonesia membawa kembali total 13 piala untuk pertama kalinya pada tahun 1958 dan terakhir pada tahun 2002.

Posting Komentar

0 Komentar