Deretan Negara Terluas di Asia, Nomor 5 Indonesia

Setiap negara yang tersebar di dunia memiliki luas yang berbeda-beda. Luas total sebuah negara mencakup area perairan dan daratan yang biasanya diukur menggunakan satuan mil persegi atau kilometer persegi. Namun dalam kondisi tertentu, ada juga yang dihitung dengan satuan hektare. Berikut ini daftar negara terluas di wilayah Asia.

1. China

Negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia ini juga merupakan negara terluas di Asia. China memiliki luas 9,7 juta km persegi dengan 9,38 juta km persegi merupakan daratan. Negara ini menempati 6,3% daratan dunia. Selain itu, jumlah penduduk di negara ini mencapai 1,41 miliar pada tahun 2021. Letak geografis China berbatasan langsung dengan Vietnam, Laos dan Burma di sebelah tenggara. India, Bhutan, Afghanistan, Nepal dan Pakistan di selatan. Sedangkan di sebelah timur, berbatasan dengan negara Filipina, Korea Selatan, dan Jepang. Terakhir di Utara, ada Rusia, Korea Utara, dan Mongolia.

2. India

India merupakan negara dengan populasi penduduk terbanyak setelah China. Selain itu, negara ini juga menempati posisi kedua sebagai negara terluas di Asia. Luas totalnya mencapai 3,28 juta km persegi, dengan daratan seluas 2,97 juta km persegi atau 2,0% daratan dunia. Sekitar 1,38 miliar orang di dunia merupakan penduduk India. Geografis India berkisar dari pegunungan Himalaya sampai pantai tropis di semenanjung selatan.

Baca juga: 5 Kota yang Punya Tingkat Kriminalitas Tertinggi di Asia, Ada di Afganistan hingga Malaysia

3. Kazakhstan

Kazahkstan merupakan negara yang terletak di antara dua benua. Sebagian besar wilayah Kazakhstan berada di Asia Tengah, dan sebagian kecilnya berada di bagian Eropa Timur. Luas negara ini mencapai 2,74 juta km persegi dengan luas daratan 2,69 juta km persegi atau 1,8% daratan dunia. Kazahkstan sebelumnya merupakan negara bagian Uni Soviet dan termasuk negara terbesar di dunia pada abad ke-20. Di sini, rentang suhu yang tinggi selalu mengalami perubahan setiap tahunnya.

4. Arab Saudi

Negara yang terkenal tandus karena memiliki banyak padang pasir ini juga memiliki danau Asfar yang dikelilingi bukit pasir. Luas Arab Saudi mencapai 2,14 juta km persegi, dengan luas daratan dan padang pasirnya 1,4% daratan dunia. Di sebelah barat, Arab Saudi terletak di semenanjung Arab antara Laut Merah dan Teluk Arab di sebelah timur.

5. Indonesia

Indonesia yang merupakan negara kepulauan memiliki luas 1,90 juta km persegi, dengan luas daratan mencapai 1,81 juta km persegi atau 1,2% daratan dunia. Indonesia juga termasuk negara dengan jumlah penduduk tinggi, yang mencapai 273 juta jiwa. Berdasarkan letak geografisnya, kepulauan Indonesia di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Letak Indonesia ini sangat berperan pada iklim dan perekonomiannya.


Posting Komentar

0 Komentar