Provinsi di Indonesia dengan Jumlah Penduduk yang Tinggi

Provinsi di Indonesia dengan Jumlah Penduduk yang Tinggi

Indonesia merupaka sebuah Negara yang mendiami benua Asia, tepatnya di Asia Tenggara.

Negara Indonesia merupakan Negara yang dikenal dengan keberagaman suku, bangsa, bahasa. Budaya, agama, dan aspek lainnya.

Hal ini wajar saja terjadi mengingat wilayah Indonesia sangat luas, yang terbentang dari sabang hingga merauke.

Selain dikenal dengan keberagaman suku dan bangsanya, Indonesia juga di kenal sebagai Negara yang memiliki jumlah penduduk yang cukup padat.

Berdasarkan sinkronisasi hasil Sensus Penduduk 2020 dan data adminduk Ditjen Dukcapil Kemendagri, terdapat beberapa titik provinsi dengan kategori jumlah penduduk yang padat. Penasaran provinsi apa saja itu? Berikut penjelasannya.

Provinsi di Indonesia dengan Jumlah Penduduk yang Tinggi

Provinsi di Indonesia dengan Jumlah Penduduk yang Tinggi

1. Jawa Barat

Provinsi pertama yang ada di Indonesia dengan jumlah penduduk yang tinggi adalah provinsi Jawa Barat. Bayangkan saja, berdasarkan hasil data yang di peroleh dari BPS, jumlah penduduk di Jawa Barat sudah mencapai angka 48.274.162 jiwa.

Kebanyakan jumlah penduduk ini tersebar diseluruh wilayah Bandung, Depok, dan Bogor, juga daerah industri seperti Bekasi dan Karawang.

2. Jawa Timur

Provinsi berikutnya dengan jumlah penduduk yang relative tinggi adalah provinsi Jawa Timur. Berdasarkan data yang diperoleh dari BPS, Jumlah penduduknya saat ini sudah mencapai 40.665.696 jiwa.

 Sebaran penduduk relatif merata dengan di 29 kabupaten dan 9 kota, dengan konsentrasi penduduk terpadatnya berada di Surabaya.

3. Jawa Tengah

Jawa Tengah juga menjadi salah satu provinsi yang memiliki angka penduduk yang tinggi, yakni berkisar 36.516.035 jiwa.

Jumlah itu terdiri dari penduduk laki-laki sebanyak 18.362.143 jiwa dan perempuan sebanyak 18.153.892.

4. Sumatera Utara

Sumatera Utara menjadi provinsi yang letaknya berada di luar Jawa yang penduduknya paling besar. Bayangkan saja, Jumlah penduduk tercatat sebanyak 14.799.361 jiwa.

5. Banten

Provinsi yang satu ini memiliki jumlah penduduk sebesar 11.904.562 yang terdiri dari laki-laki sebanyak 6.070.271 jiwa dan perempuan sebanyak 5.834.291 jiwa.

Berdasar dari data yang diperoleh, sebaran penduduk di Provinsi Banten relatif tidak merata. Sebagian besar penduduknya tersebar di Tangerang. Daerah lainnya dengan penduduk cukup besar berada di kota Cilegon dan Serang.

6. DKI Jakarta

Provinsi berikutnya yang ada di Indonesia yang dikenal dengan angka penduduk yang tinggi adaalah kota metropolitan, DKI Jakarta.

Dikenal sebagai pusat ekonomi dan pemerintahan, DKI Jakarta memiliki penduduk sebanyak 10.562.088 jiwa, dimana jumlah tersebut terdiri dari penduduk laki-laki sebanyak 5.334.781 jiwa dan perempuan sebanyak 5.227.307 jiwa. Biasanya jumlah penduduk akan mengalami kenaikan sebanyak dua kali lipat pada siang hari.

7. Sulawesi Selatan

Provinsi berikutnya yang dikenal dengan jumlah penduduk yang padat adalah Sulawesi Selatan.

Provinsi ini berada di urutan kedua provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di luar Jawa. Data Sensus Penduduk 2020 menunjukkan, jumlah penduduk Sulsel terbaru adalah 9.073.509.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya