Fakta Unik Negara Zimbabwe Yang Belum Diketahui Oleh Orang Banyak

Negara Zimbabwe merupakan sebuah Negara yang letaknya berada di sebelah tenggara benua Afrika.

Negara Zimbabwe merupakan sebuah Negara yang letaknya berada di sebelah tenggara benua Afrika.

Negara yang satu ini merupakan Negara bekas jajahan Inggris dan baru merdeka pada tanggal 18 April 1980.

Negara Zimbabwe berbatasan secara langsung dengan Afrika Selatan, Bostwana, Mozambique, hingga Zambia.

Selain itu, Negara yang satu ini juga kerap menyimpan beberapa fakta unik. Penasaran apa saja fakta unik itu? Tapi sebelum itu kamu juga bisa sambil mendengarkan musik atau lagu chord dinda jangan marah marah ketika menyimak ulasan ini. Mari kita bahas.

Fakta Unik Negara Zimbabwe Yang Belum Diketahui Oleh Orang Banyak

1. Sebelum merdeka, nama negara ini bukan Zimbabwe

Tenyata, pada awalnya Negara Zimbabwe bukan lah nama asli dari Negara yang ada di benua Afrika ini.

Pada umumnya Negara Zimbabwe dikenal dengan kawasan yang terdiri dari banyak kerajaan didalamnya.

Diperkirakan, pada tahun 1800an, seorang pengusaha minyak terkenal yang bernama Cecil John Rhodes, tiba di wilayah ini bersama rekan-rekannya di perusahaan minyak Afrika Selatan.

Setelah bertarung secara sengit dengan pasukan Inggris, Cecil dibantu oleh para tentara Inggris berhasil menaklukkan wilayah ini.

Sejak berhasilnya Cecil dalam menaklukkan wilayah tersebut, daerah tersebut berganti dengan nama Rhodesa.

Hingga di tahun 1923, wilayah tersebut kembali direbut oleh tentara Inggris sendiri dan menngganti wilayah tersebut dengan nama Southern Rhodesia.

Hingga pada tahun 1980, wilayah ini berhasil merdeka dan mengganti kembali nama wilayah nya dengan nama Zimbabwe yang mempunyai makna “a great house of stone”.

2. Terdapat danau buatan terluas di dunia

Fakta unik Negara Zimbabwe yang dapat ditemui yakni adanya danau buatan yang menjadi danau buatan terluas yang ada di dunia.

Danau tersebut sering dikenal dengan nama danau Kariba, danau yang terletak di perbatasan Zimbabwe dan Zambia.

Bayangkan saja, danau yang satu ini memiliki panjang 220 kilometer dan lebar 40 kilometer. Kedalaman danau yang satu dapat mencapai 318 kaki.

Pada awalnya, danau yang satu ini dirancang oleh seorang insinyur asal Prancis, Andre Coyne.

Efek dari pembangunan danau ini yaitu terjadinya gempa sebanyak 20 kali yang terjadi akibat pengerukan tanah secara terus menerus.

3. Zimbabwe merupakan salah satu negara yang paling teredukasi di Benua Afrika

Fakta unik Negara Zimbabwe berikut adalah menjadi salah satu Negara di benua Afrika dengan tinggat pendidikan yang cukup tinggi.

menurut data  UNESCO Institute of Statistics, Zimbabwemenjadi salah satu Negara di Benua Afrika yang memiliki tingkat edukasi yang tinggi.

Hal ini dibuktikan hingga pada 2015, tingkat literasi di negara ini sudah mencapai 87%. Hal ini menjadikan ZImbabwe menjadi Negara peringkat ke-9 dengan tingkat literasi tertinggi di Benua Afrika.

4. Malaria dan kolera merupakan penyakit yang umum di negara ini

Salah satu fakta unik Negara Zimbabwe yaitu warga nya yang sudah terbiasa dengan penyakit malaria dan kolera.

Tercatat pada data WHO, sudah ada 760.000 kasus malaria yang terjadi pada tahun 2009. Tidak hanya itu, satu per tiga dari seluruh masyarakat yang ada dinyatakan terkena malnutrisi (sebuah kondiisi dimana tubuh kekurangan nutrisi) yang kronis.

5. Zimbabwe mempunyai air terjun yang menjadi salah satu keajaiban dunia

Tak kalah menarik, salah satu fakta menarik Negara Zimbabwe yakni salah satu wisata alamnya, yang dikenal dengan air terjun Victoria.

Faktanya, air terjun Victoria masuk kedalam daftar 7 keajaiban dunia. Air terjun ini berada di sungai Zambezi.

Air terjun ini dapat mencapai tinggi hingga lebih dari 100 meter dan mempunyai lebar satu kilometer lebih. Keindahan ala mini membuat air terjun Victoria menjadi andalan sektor pariwisata di Zimbabwe yang menambah penghasilan Negara.

Nah, itulah beberapa fakta unik Negara Zimbabwe yang mungkin belum diketahui oleh orang banyak. Semoga pembahasan kita pada kali ini dapat menambah wawasan kalian ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini.

Posting Komentar

0 Komentar