Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya

 



Tahukah kalian bahwa saat ini kita tinggal di benua apa? Dan negara apa saja yang berada di benua yang sedang kita tempat tinggal saat ini? Pada blog kami kali ini, kami akan membahas seputar benua Asia yang kita tempati saat ini dan negara-neagra yang ada di dalamnya.

Bumi yang sedang kita tempati saat ini memiliki 2 bagian yang tidak akan bisa dipisahkan yaitu daratan dan lautan. Hampir 75% isi Bumi adalah lautan. Lautan yang sangat luas itu disebut dengan samudra. Ada 5 samudra di dunia yang terbentang luas yakni samudra Hindia, samudra Pasifik, samudra Atlantik, samudra Antartika, dan samudra Arktik.

Sedangkan untuk daratan yang sangat luas disebut dengan benua. Ada 6 benua yang ada di dunia ini yaitu benua Asia, benua Australia, benua Amerika, benua Antartika, benua Afrika, dan benua Eropa. Dari ke-enam benua itu, benua yang paling besar adalah benua Asia yang sedang kita tempat saat ini.

Ya, sekarang kita tinggal di dalam benua Asia yang menjadi benua terbesar di dunia saat ini. Ingin tau seputar benua Asia? Ikuti blog kami ini ya.

Benua Asia


Benua Asia merupakan sebuah benua terbesar di Dunia yang dibatasi dengan Pegunungan Ural dan Kaukasus serta diapit oleh Samudra Artik, Pasifik, dan Hindia. Asia mencakup 8,7% total luas permukaan di bumi dan 30% dari total daratannya.

Luas dari benua Asia mencapai 444.579.000 km2 dengan total penduduk kurang lebih 4,3 milliar dan kepadatan penduduk 87 jiwa/km2.

Secara geografis, benua Asia dan Eropa terhubung lewat daratan dan membentuk sebuah benua yang lebih besar disebut Eurasia. Perbatasan dari kedua benua ini tidak terlalu spesifik, hal itu menjadikan beberapa negara seperti Turki masuk ke dalam 2 kategori benua ini.

Beberapa bentang alam yang sering dijadikan sebagai pemisah kedua benua ini adalah selat Dardanella, Laut Marmara, Selat Bosporus, Laut Hitam, Pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural, dan Pegunungan Ural.

Di dalam benua Asia terdapat banyak sekali keberagaman mulai dari kelompok etnis, budaya, lingkungan, ekonomi, sejarah, dan sistem pemerintahan.

Pembagian Wilayah

Dilihat dari luasnya, Asia menjadi sebauh bagian dari dunia yang memiliki banyak pembagian wilayah. Pembagian wilayah itu adalah:

Asia Tengah


Asia tengah memiliki beberapa negara di dalamnya. Negara-negara tersebut adalah:

·        Rusia

·        Uzbekistan

·        Tajikistan

·        Turkmenistan

·        Kirgizstan

·        Kazakstan

·        Georgia

·        Armenia

·        Azerbaijan

·        Dan bebera negara pertentangan seperti Abkhazia, Ossetia Selatan, dan Nagorno.

Asia Timur


Asia timur sering juga disebut sebagai timur jauh karena Eropa melihat letak geografisnya sangat jauh dari Eropa. Di dalamnya Asia timur terdapat negara:

·        Kepulauan Samudra Pasifik

·        Jepang

·        Korea Utara

·        Korea Selatan

·        Republik Rakyat Tiongkok

·        Hongkong

·        Makau

·        Taiwan

·        Tibet

·        Mongolia

Asia Tenggara


Selanjutnya adalah Asia tenggara yangmenjadi wilayah Asia yang sedang kita tempati saat ini. Di dalam Asia tenggara meliputi negara:

·        Myanmar

·        Thailand

·        Laos

·        Kamboja

·        Vietnam

·        Malaysia

·        Filipina

·        Singapura

·        Indonesia

·        Brunei

·        Timor Leste

Asia Barat


Di dalam Asia Barat terdapat negara:

·        Siprus

·        Suriah

·        Yordania

·        Lebanon

·        Irak

·        Arab Saudi

·        Uni Emirat Arab

·        Bahrain

·        Qatar

·        Oman

·        Yaman

·        Mesir

·        Israel

·        Palestina

Nah, itulah informasi seputar benua Asia dan negara-negara yang ada di dalamnya. Namun kami tidak hanya akan membahas itu saja. Masih banyak lagi seputar benua Asia yang dapat kalian temukan di blog kami selanjutnya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk tetap mengikut perkembangan blog kami dan temuakn info menarik lainnya. Selamat membaca!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China