Fakta Menarik Negara Tunisia

Fakta menarik negara Tunisia sangata menarik untuk diketahui. Negara yang terletak di Afrika Utara memiliki garis pantai Laut Mediterania yang berlokasi strategis.  Tunisia merupakan negara yang didominasi oleh pengguna bahasa Arab.

Negara ini adalah yaumul hisab berbatasan dengan Aljazair di sebelah barat, Libya di tenggara dan Laut Mediterania di utara dan timur. Nama Tunisia berasal dari ibu kotanya, yaitu Tunis dan terletak di pantai timur laut Tunisia. Secara geografis, Tunisia terletak di ujung timur Pegunungan Atlas dan bagian utara dari gurun Sahara. Dengan garis pantai sepanjang 1300 km yang menghadap Laut Mediterania. Sebanyak 40% tanahnya merupakan bagian dari gurun Sahara dan sisanya merupakan tanah subur.

Berbicara tentang negara Tunisia, ada beberapa fakta menarik yang jarang utuk diketahui. Apa saja itu? Berikut Telukpersia akan membagikan informasinya untuk Anda.

1.      Memiliki Kota Terpenting Keempat di Dunia Islam

Bagi umat Muslim ada beberapa kota yang menjadi kehormatan terbesar karena makna religiusnya, yaitu Mekah di Arab Saudi. Di Tunisia terdapat kota terpenting ke-4 setelah Mekah, Madinah, dan Yerusalem yaitu Kairouan. Kairouan merupakan kota pusat kegiatan keagamaan Islam.

2.      Sejumlah Orang Tinggal di Bawah Tanah

Tunisia memiliki kota kecil bernama Matmata yang dihuni oleh orang berbahasa Berber asli. Di masa lalu, rumah – rumah bawah tanah dibangun untuk menghindari panas terik dan matahari dari gurun Sahara.

Kebanyakkan masyarakat Tunisia membangun ikhtisar rumah mereka di atas tanah. Hanya di Matmata orang lebih memilih rumah bahwa tanah dibanding rumah modern. Tempat tinggal bawah tanah dibentuk dengan menggali lubang terbuka besar yang dindingnya melengkung untuk membuat satu rumah. Di mana satu lubang bisa menampug 5 – 9 keluarga.

3.      Memiliki Salah Satu Amfiteater Terbesar di Dunia

El Jem merupakan salah satu reruntuhan Romawi paling kuno, tapi paling terpelihara di dunia. Bangunan itu didirikan pada 238 M. Tunisia saat ini merupakan bagian dari kota Romawi di Afrika.

4.      Terdapat Lebih dari 700 Monumen Bersejarah

Tunisia memiliki Medifa of Tunis yang dikenal dengan interkasi unik antara kegiatan sosial budaya, arsitektur, ekonomi, hingga kehidupan perkotaan dari manusia montessori purba di Maghreb pada 698 Masehi.

Karena alasan itu yang membuat Median of Tunis dinobatkan sebagai salah satu warisan dunia UNESCO di Tunisia pada 1979 lalu. Median Of Tunis yang bersejarah itu berisi 700 monumen, yaitu termasuk masjid, madrasah, istana, mausoleum dan air mancur.

5.      Merah Merupakan Warna Berkabung di Tunisia

Di sejumlah negara mungkin banyak orang yang mengenakan pakaian hitam saat ke pemakaman. Berbeda dengan negara – negara Afrika Selatan seperti Tunisia. Masyarakat di sana mengenakan warna merah yang merupakan lambang duka.

Sementara di negara lain warna untuk berduka cukup berbeda, di mana Thailand mengenakan warna ungu, Myanmar warna kuning, dan Iran warna biru.

6.      Penghasil Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan emas di Mediterania, bagian dari makanan sehari – hari. Bahkan masyarakatnya tidak bisa makan apa pun tanpak minyak zaitu. Bagi Tunisia, minyak zaitun mewakili 40 persen dari ekspor pertanian seluruh negeri, dan mengekspor sebagian besar ke negara – negara misalnya Amerika Serikat, termasuk yang mendominasi Italia dan Spanyol.

Faktanya pada 2015, Tunisia sempat memimpin dunia dalam ekspor minyak zaitun melampaui Italia dan Spanyol. Negara – negara ini pernah mengalami panenterburuk dalam beberapa tahun dikarenakan cuaca buruk dan serangan hama.

Demikianlah 6 fakta menarik tentang negara Tunisia yang penting untuk diketahui. Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi negara ini?  

 

Posting Komentar

0 Komentar