Makanan Tradisional Irak yang Wajib Dicoba

Irak merupakan salah satu negara di Timur Tengah yang cukup populer karena situasi politiknya. Dibalik hak itu, negara yang satu ini tak jaug berbeda dengan negara-negara lain padaa umumnya yang memiliki aneka makanan khas yang lezat dan menggugah selera.

Apalagi, setiap olahan makanan tersebut dibuat dengan rempah-rempah khusus yang menjadi ciri khas. Kuliner di Irak juga menjadi makanan tertua di dunia. Makanan modern sebagian besar sudah terinspirasi oleh masakan Turki dan Persia, lantaran kekaisaran Ottoman yang memiliki pengaruh besar kala itu.

Lantas, apa saja makanan khas Irak yang sayang untuk dilewatkan? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Masgouf


Masgouf dikenal sebagai makanan nasional negara Irak. Makanan ini adalah berbeque ikan sederhana dan mudah dihidangkan yang diolah secara vertikal, rendah, dana lambat sehingga memiliki tekstur renyah diluar namun sangat lembut dan juicy di dalam.

Ikan yang dimasak adalah ikan masa air tawar, yang biasa ditemukan du sungai Tigris dan Efrat. Jenis bumbu untuk olahan masakan ini juga cukup sederhana, yakni hanya menggunakan garam dan lada hitam.

Sedangkan bumbu yang biasa disajikan dengan makanan ini ialah acar bergaya vegan Irak, yang umum dikenal sebagai torshi di negara tersebut. Torshi dibuat dengan berbagau jenis sayuraan seperti mentimun, kembang kol, zucchini, wortel, dan paprika yang diasamkan terlebih dahulu dengan kurma.

2. Bagilla Bil Dihin


Kuliner khas Irak selanjutnya ialah hidangan roti yang direndam dengan kaldu yang disebut Bagilla Bil Dihin. Umumnya, makanan yang satu ini disajikan sebagai menu sarapan bagi masyarakat lokal.

Lapisan roti yang direndam dengan kaldu di beri tambahan topping berupa telur goreng, bawang, dan kacang rebus.

3. Quzi


Quzi merupakan salah satu hidangan khas Irak yang paling populer di setiap perayaan ataupun acara keluarga. Hidangan domba panggang ini diisi dengan nasi, sayuran, kacang-kacangan, dan aneka rempah yang sudah dimasak dengan perlahan menggunakan api kecil hingga dagingnya mulai hancur.

Quzi diletakkan di atas nasi kunyit dan dihiasi dengan kacang dan kismis kering yang cukup banyak. Makanan ini biasanya dimasak dalma acara-acara sosial dan pertemuan serta disajikan dengan banyak bumbu dan salad di sampingnya.

4. Halawa Din


Jika berkunjung ke Irak dan berjalan melewari bazaar tua di kota Najaf, Anda akan melihat pedagang yang menjual Halawa Din, yang merupakan makanan khas di sana. Disebut juga dengan dhein, Halawa Din adalah makanan lezat dan benar-benar tradisional yang tak ditemukan di tempat lain di dunia.

Halawa Din merupakan campuran bertekstur kental yang terbuat dari mentega yang dijernihkan, madu kurma, gula, dan susu yang kemudian dikentalkan dengan tepung terigu kemudian dimasak dalam oven dengan waktu yang cukup lama untuk emmanggang lapisan luarnya.

5. Dolma Irak


Dolma Irak merupakan makanan khas yang wajib Anda coba jika memiliki kesempatan berkunjung ke sana. Pada dasarnya, makanan ini terbuat dari sayuran isi yang direbus dalam saus berbasis tomat hingga sebagian besar sausnya mendidih.

Isiannya dibuat dnegan campuran 1:1 lemak domba dan daging giling, dengan nasi, molase delima, serta sisa sayuran yang telah dikupas, sehingga tak ada yang terbuanag. Semua bahan tersebut digabungkan untuk membuat setiap gigitan yang lezat.

Itulah tadi lima jenis makanan khas Irak yang sayang untuk dilewatkan. Nah, mana nih yang jadi favorit mu? Negara bagian Timur Tengah ini juga pernah dikunjungi oleh Kevin Hillers dan Cinta Laura Loh!

Posting Komentar

0 Komentar