5 Daftar Negara Termiskin di Asia


Kemiskinan di dunia akibat krisis ekonomi melanda beberapa negara di dunia, termasuk negara di Asia. Akibatnya, ada beberapa negara yang tergolong sebagai negara termiskin di Asia.

Penyebabnya tidak semata-mata hanya krisis ekonomi saja, tapi juga karena konflik yang tidak kunjung usai hingga menyebabkan hutang negara menumpuk.

Berikut ini adalah deretan negara termiskin di Asia. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Afghanistan

Negara Afghanistan diketahui memiliki pendapatan per kapita sebesar US$508 atau Rp7,7 juta. Negara ini mengalami konflik bersenjata, korupsi pemimpin pemerintah, hingga ketidaksetaraan pendapatan yang produktif.

Setelah Amerika Serikat (AS) dan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) menarik pasukan mereka pada pertengahan 2021, Taliban mengambil kendali atas pemerintahan Afghanistan.

2. Korea Utara

Negra termiskin di Asia selanjutnya adalah Korea Selatan dengan pendapatan per kapita sekitar US$642 (perkiraan) atau Rp9,8 juta. Berdasarkan laporan World Population Review, Korut mungkin sebenarnya adalah negara termiskin di Asia.

Akan tetapi, pemerintahnya sangat tertutup dan jarang membagikan datanya sehingga para pengamat ekonomi hanya mengandalkan perkiraan dari para ahli.

Kemiskinan di Korut dipengaruhi oleh pemerintahan yang buruk rezim totaliter. Pasar ebbas hampir tidak ditemukan di sana dan pada 2020 diperkirakan sekitar 60% penduduk Korea Utara hidup di bawah garis kemiskinan.

Meski begitu, negara ini banyak dikunjungi oleh artis tanah air seperti Randy Martin dan Randy Pangalila loh.

3. Yaman

Laporan IMF mencatat pendapatan per kapita penduduk di Yaman hanya sekitar USD 824. Salah satu penyebab kemiskinan di sana adalah perang sipil antara dua cabang penganut Islam, yakni antara Sunni dan Syiah.

PBB bahkan telah mendeklarasikan kondisi di Yaman sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia. Nilai riyal Yaman terus merosot ke posisi terendah sepanjang sejarah. Akibatnya, harga-harga pangan meningkta tajam dan banyak penduduk di sana terancam miskin.

4. Tajikistan

Wilayah Tajikistan yang bersebelahan dengan China tak membuatnya memiliki nasib yang baik seperti Negeri Tirai Bambu tersebut. Pendapatan per kapita negara ini diketahui hanya sekitar USD 859.

Kurangnya infrastruktur turut menghambat perekonomian Tajikistan. Banyak orang-orang terampil yang memilih untuk meninggalkan negara tersebut untuk mencari peluang kerja lebih baik. Selain itu, perang saudara Tajikistan selama 1990-an juga menghancurkan setidaknya seperlima sekolah yang ada di sana. Hal itu membuat anak-anak kehilangan kesempatan mendapat pendidikan.

5. Suriah

Suriah memiliki pendapatan per kapita sebesar US$870 atau sekitar Rp13 juta. Negara ini sebenarnya jarang membagikan data ekonomi resminya, namun diketahui sekitar 80% warga Suriah hidup di bawah tingkat kemiskinan pada 2017 dan meningkat 45% sejak 2007.

Penyebab utama tingginya angka kemiskinan di sana ialah perang saudara Suriah yang telah menghancurkan infrastruktur perawatan kesehatan serta fasilitas pendidikan. Padahal, pendidikan adalah salah satu cara terbaik untuk bisa keluar dari kemiskinan. Diketahui, sekitar 50% anak-anak di Suriah tak lagi bersekolah akibat konflik.

Itulah tadi deretan negara termiskin yang ada di Asia. Selamat membaca dan semoga bermanfaat ya!

Posting Komentar

0 Komentar