Daftar Tempat Wisata Bersejarah di Laos, Salah Satunya Stupa Berlapis Emas

Laos merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak mempunyai laut, sebab negara ini berbatasan darat dengan 5 negara di sekitarnya.

Tidak mempunyai laut, sudah pasti membuat tidak ada wisata pantai di negara ini. Tapi nggak perlu kecewa, Laos punya banyak tempat wisata menarik yang layak untuk dikunjungi, salah satunya adalah wisata sejarah.

Salah satu penyebab negara ini cocok untuk dikunjungi masyarakat Indonesia, karena pengunjung dari Indonesia dapat berkunjung ke sana tanpa harus ribet mempersiapkan visa. Wah, menarik kan?

Penasaran dengan destinasi wisata bersejarah yang wajib dikunjungi di Laos? Ini daftarnya:

Buddha Park


Tempat wisata bersejaran pertama di Laos yang harus banget dikunjungi adalah Buddha Park atau Taman Buddha. Wisata ini terletak di pinggiran Ibu Kota Laos, Vientiane. Pengunjung yang datang akan melihat ratusan patung Buddha di taman ini. Patung-patung tersebut di bangun oleh seorang pemikir religi asal Laos, Luang Pu Bunleae Sulilat pada tahun 1958.

Di tempat wisata yang juga dikenal dengan nama Wat Xieng Khuan ini, pegunjung akan menemukan patung-patung yang menggambarkan 4 jenis makhluk yang diyakini ada di atas muka bumi, yaitu manusia, dewa, binatang, dan jin atau makhluk halus.

Pha That Luang


Wisata populer di Laos selanjutnya berlokasi di ibu kota negara, yaitu Pha That Luang. Wisata ini merupakan sebuah candi Budddha yang menjadi simbol persatuan rakyat Laos.

Bangunan bersejarah ini pertama kali dibangun pad tahun 1566. Namun akibat dari invasi Thailand, bangunan ini akhirnya hancur dan akhirnya dibangun kembali pada tahun 1953. Yang menarik dari candi ini adalah karena keberadaan stupa emasnya dan patung Buddha tidur raksasa di kompleks candi.

Vat Phou


Wisata bersejarah selanjutnya yang ada di Laos adalah Vat Phou, yang merupakan salah satu candi peninggalan dari Khmer Kuno yang diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia. Bangunan ini terletak di lereng gunung Phou Kao yang berjarak 6 km dari distrik Champasak dan sekitar 45 km dari selatan Pakse sepanjang Sungai Mekong. Tempat wisata ini sudah sangat populer dan menjadi salah satu ikon vientine laos.

Patuxai


Patuxai merupakan sebuah bangunan bersejarah yang berada di distrik Thanon Lane Xang, Vientiane, Laos. Bangunan ini berupa monumen yang dibangun pada antara tahun 1957-1968 untuk mengenang para pejuang yang memperjuangkan kemerdekaan Laos dari Perancis.

Patuxai memiliki arti Victory Gate atau Gate of Triumph. Bangunan ini juga sering disebut dengan nama Patuxai Arch atau Arc de Triomphe of Vientiane karena bangunan ini mirip dengan Arc de Triomphe di Paris, Perancis.

Plain Of Jars Site


Plain of Jars adalah salah satu situs prasejarah yang menjadi andalan pariwisata Laos.

Plain of Jars dalam bahasa Indonesia berarti 'dataran guci/kendi'. Situs ini terletak di Dataran Xieng Khouang, Laos. Sesuai dengan namanya, Plain of Jars dipenuhi ribuan guci batu berbagai ukuran dengan posisi setengah tertimbun di dalam tanah.

Di situs ini ditemukan sekumpulan batu mirip kendi yang usianya sudah lebih dari 2.500 tahun. Batu-batu berbentuk kendi ini ukurannya bermacam-macam. Yang paling besar, tingginya adalah 3 meter dengan lebar satu meter.

Terdapat lebih dari 50 situs tersebar di dataran ini. Setiap situs memiliki jumlah batu yang berbeda-beda. Ada yang hanya satu batu, ada pula yang mencapai 300 batu. Mengejutkannya, asal usul guci raksasa tersebut tidak diketahui sampai saat ini.

Wah, pasti menarik mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang ada di Laos ini?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 10 Negara Anggota ASEAN

Fakta Sesungguhnya Kehidupan Warga di China

Mengenal Benua Asia dan Negara di Dalamnya